(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BIMTEK K-13 BAGI GURU SASARAN JENJANG SMP KABUPATEN BULELENG TAHUN 2017

Admin disdikpora | 20 Juni 2017 | 579 kali

BIMTEK K-13 BAGI GURU SASARAN JENJANG SMP KABUPATEN BULELENG TAHUN 2017

Singaraja, DISDIK TODAY | Guna mempersiapkan guru dalam pengimplementasian Kurikulum 2013, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali, menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran SMP di Seluruh Bali yang diselenggarakan dari tanggal 19 s.d 24 Juni 2017. Untuk di Kabupaten Buleleng kegiatannya dilaksanakan di 4 Tempat Pelaksana Kegiatan (TPK) meliputi : SMP Negeri 2 Kubutambahan, SMP Negeri 5 Singaraja, SMP Negeri 3 Banjar dan SMP Negeri 2 Seririt.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, yang diwakili oleh pejabat dilingkup Disdikpora Kabupaten Buleleng. Untuk TPK SMP Negeri 2 Kubutambahan, diwakili oleh Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, I Made Ngadeg, S.Pd, M.Pd. Sementara itu, Kabid PSMP Disdikpora Kabupaten Buleleng, I Made Sedana, S.Pd, M.Pd mewakili Kadisdikpora Buleleng di TPK SMP Negeri 5 Singaraja. IGN. Agung Sukrisna, S.Sn, Selaku Kasi Kurikulum SMP, mewakili Kadisdikpora Buleleng di TPK SMP 2 Seririt, selanjutnya untuk TPK di SMP Negeri 3 Banjar diwakili oleh Pengawas SMP Disdikpora Buleleng.

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pejabat Disdikpora menegaskan bahwa Globalisasi telah menembus batas ruang dan waktu. Dinamika yang demikian cepat di bidang teknologi dan informasi, menuntut tindakan antisipasi dan adaptasi yang cepat. Demikian juga halnya dengan kurikulum di Indonesia banyak mengalami dinamika, hal ini berimplikasi kepada guru agar selalu siap menyikapi perubahan tersebut.

Menurutnya, kurikulum idealnya bisa memprediksi kemungkinan dan kenyataan yang akan datang. Metode-motede dalam proses pembelajaran saat ini telah bergeser dalam dunia pendidikan kontemporer.

Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari ini akan melibatkan guru sasaran yang mengajar di Kelas VII yang berasal dari 36 SMP Pelaksana Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2017/2018.

Kegiatan yang berasal dari Bantuan Pemerintah (Bantah) Tahun Anggran 2017 yang disalurkan melalui MOU dengan sekolah TPK ini, untuk Kabupaten Buleleng akan melibatkan 396 guru sasaran dan 21 Instruktur Kabupaten (IK). Adapun guru sasaran kegiatan ini berasal dari 21 mapel meliputi : Agama Hindu, Agama Islam, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Matematika, PJOK, PKn, Prakarya dan Seni Budaya.