(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BIMTEK PENGELOLAAN DANA BOS TINGKAT SMP NEGERI DAN SWASTA SE BULELENG

Admin disdikpora | 27 Februari 2019 | 858 kali

BIMTEK PENGELOLAAN DANA BOS TINGKAT SMP NEGERI DAN SWASTA SE BULELENG
Singaraja, 26 Pebruari 2019 | DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, melalui Bidang Pembinaan SMP, pada Seksi Peserta Didik SMP menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Bantuan Operasional Sekolah tingkat SMP Negeri dan Swasta se-Kabupaten Buleleng tahun 2019.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Disdikpora Buleleng, Made Astika, S.Pd, MM yang dalam hal ini mewakili Kadisdikpora Buleleng. Dalam sambutan dan arahannya disampaikan bahwa melalui program BOS ini, pemerintah pusat memberikan dana kepada sekolah-sekolah setingkat SD/MI dan SMP/MTs untuk membantu mengurangi beban biaya pendidikan yang harus ditanggung oleh orangtua siswa. BOS diberikan kepada sekolah untuk dikelola sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah pusat.

Sejalan dengan hal itu adapun tujuan khusus program BOS, yaitu : yang pertama membebaskan biaya operasional sekolah bagi seluruh siswa SD dan SMP baik Negeri maupun Swasta, yang kedua membebaskan segala jenis biaya pendidikan bagi seluruh siswa miskin di tingkat pendidikan dasar, baik di tingkat SD maupun SMP dan yang ketiga meringankan beban biaya operasional bagi sekolah tersebut.

Sementara itu Kabid Pembinaan SMP, Nyoman Sutama, S.Pd, M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang pelaksanaannya dimulai dari hari Selasa - Kamis, tanggal 26 – 28 Februari 2019 di Melka Excelsior Resort Hotel Lovina-Singaraja bertujuan mensosialisasikan pedoman pemanfaatan dana BOS bagi pemerintah daerah dan satuan pendidikan sehingga dalam penggunaan dan pertanggungjawaban dapat berjalan secara tepat. Selanjutnya, untuk sasaran dari kegiatan ini adalah peserta yang terdiri dari 76 (tujuh puluh enam) Kepala Sekolah dan Bendahara Dana BOS SMP negeri/swasta se-Kabupaten Buleleng.

Melalui Bimtek ini pula diharapkan agar para Peserta dapat memahami tatacara Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di tingkat SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Buleleng. Terus meningkatkan pemahaman mulai dari pemahaman dan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang sesuai aturan, sehingga dapat menghindari terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan dalam pengelolaan dan pemanfaatan dana BOS itu sendiri.
Setelah acara pembukaan selesai kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi Penyalahgunaan Bahaya Narkoba oleh AKBP Gede Astawa Kepala BNNK Buleleng.