(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BIMTEK STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Admin disdikpora | 07 Mei 2019 | 543 kali

BIMTEK STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Singaraja, Senin, 6 Mei 2019 l DISDIKTODAY

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si didampingi Kabid Pembinaan PAUD-PNF, Dra. Ni Nengah Pujiani, M.AP dan Kasi Kurikulum, Komang Sudarsana, S.Pd membuka secara resmi workshop penyusunan laporan penilaian PAUD di Aneka Lovina, pada hari Senin, 6 Mei 2019.

Kepala Disdikpora dalam sambutannya menegaskan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan tahap pendidikan yang terfokus pada peletakan dasar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak pada seluruh aspek yang dimilikinya. Jika proses pendidikannya benar maka akan terbentuk anak yang cerdas dan berkarakter, demikian pula sebaliknya.

Untuk mengetahui perkembangan anak tersebut maka penilaian mutlak diperlukan. Proses ini mesti dilakukan dengan berkesinambungan dan komprehensif, hal ini sesuai dengan perkembangan anak yang bersifat dinamis dan terus mengalami proses. Hasil penilaian itu dapat menjadi bahan evaluasi dan pedoman oleh guru dalam melakukan penyempurnaan perencanaan pembelajaran selanjutnya.

Pedoman penilaian sebagai mana tertuang dalam Permendikbud No. 137 thn 2014 pada standar tingkat pencapaian perkembangan anak hendaknya dapat dipahami dengan baik oleh guru sehingga semua informasi tumbuh kembang anak dapat dituangkan dengan lengkap dalam laporan hasil penilaian untuk nantinya dapat menjadi rujukan oleh guru dan orang tua sehingga tidak terjadi distorsi penanganan anak antara di sekolah dengan dirumah.

Selama 4 hari kedepan peserta berjumlah 50 org yang berasal dari TK Negeri dan Swasta se-Kab. Buleleng akan dibimbing oleh narasumber dari BP PAUD DIKMAS Prov. Bali, Undiksha dan STAHN Mpu Kuturan.