(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BUKA WORKSHOP ASESMEN PENDIDIKAN SMP, KADISDIKPORA INGATKAN PENTINGNYA REFLEKSI DAN EVALUASI PEMBELAJARAN

Admin disdikpora | 07 Maret 2018 | 412 kali

*BUKA WORKSHOP ASESMEN PENDIDIKAN SMP, KADISDIKPORA INGATKAN PENTINGNYA REFLEKSI DAN EVALUASI PEMBELAJARAN*

Lovina, DISDIK TODAY I Asesmen adalah bagian integral dari proses pembelajaran, sehebat apapun proses pembelajaran, apabila di asesemen kita salah, maka untuk melakukan refleksi maupun evaluasi pembelajaran tidak akan ketemu. Asesmen sangat ditentukan oleh metode, instrumen dan waktu yang tepat. Demikian disampaikan oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. saat memberikan sambutan pembukaan Workshop Asesmen Pendidikan SMP Kabupaten Buleleng Tahun 2018, Selasa 06 Maret 2018.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa fenomena asesmen di kalangan pendidik selama ini harus ditingkatkan dan diperdalam, contoh nyatanya adalah selama UN, banyak siswa yang mencari “bocoran”, pendidik saling “calling” dengan temannya, orang tua sibuk mencari “pendekatan”, kepala sekolah ketakutan kalau nilai UN kecil. Gejala ini merupakan bukti penilai pendidikan yang salah dan tidak tepat. UN sekarang memang tidak lagi sebagai penentu kelulusan, tetapi berkontribusi pada pemetaan mutu pendidikan untuk digunakan sebagai rujukan dalam perbaikan pendidikan di masa yang akan datang, namun ini juga belum berjalan, karena aktivitas pendidik belum berorietasi kepada merefleksi proses pembelajaran dari hasil evalusi pembelajaran.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara yakni Kabid PSMP Disdikpora Buleleng dalam laporannya yang dibacakan Kasi Kurikulum SMP, I.G.N Agung Sukrisna, S.Sn., M.Si menyatakan bahwa dasar pelaksanaan dari kegiatan ini secara umum merupakan implementasi dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019 pada bidang pendidikan khususnya pada tersedianya sistem penilaian yang komprehensif, dan secara khusus untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana, proses dan evaluasi penilaian pembelajaran di Kabupaten Buleleng.

Workshop Asesmen Pendidikan SMP Kabupaten Buleleng Tahun 2018 ini melibatkan 36 guru SMP yang berasal dari 13 mata pelajaran, serta pendamping yang berasal dari unsur pengawas SMP sebanyak 12 orang. Kegiatan ini berlangsung di Bali Taman Beach Resort & Spa mulai dari tanggal 06 s.d. 09 Maret 2018.