(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BULELENG SIAPKAN PENUNTASAN BUTA AKSARA

Admin disdikpora | 24 Februari 2019 | 357 kali

BULELENG SIAPKAN PENUNTASAN BUTA AKSARA

Singaraja, 23 Pebruari 2019 | DISDIK TODAY

Sebagai tahap persiapan menjelang diluncurkannya program penuntasan buta aksara tahun 2019 maka Disdikpora mengadakan rapat koordinasi dan sosialisasi dengan mengundang semua stake holder baik Penilik maupun Kepala SPNF SKB, PKBM beserta perwakilan tutor masing-masing satuan pendidikan, Jumat 22 Pebruari 2019 di Aula Disdikpora Kab. Buleleng.

Rapat dipimpin oleh Kabid Pembinaan PAUD - PNF Dra. Nengah Pujiani, M.AP, didampingi Kasi Kurikulum Komang Sudarsana, S.Pd. Dalam arahannya Kabid PAUD-PNF menegaskan bahwa Penuntasan Buta Aksara merupakan salah satu domain yang menjadi target RPJMD Kab. Buleleng.

Berdasarkan data based tahun 2013, setelah setiap tahunnya ditangani dan dilakukan verifikasi ke lapangan maka tahun 2019 ini masih tersisa 1219 orang buta aksara tersebar di masing-masing Kecamatan di Kab. Buleleng.

Selanjutnya Tahun 2019 ini, Disdikpora akan menangani sebanyak 350 orang buta aksara sehingga akan tersisa lagi 869 orang buta aksara dan secara berkala akan terus ditangani sampai tuntas.

Adapun program tersebut sesuai Permendikbud Nomor 86 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Keaksaraan Dasar menyebutkan bahwa pembelajaran keaksaraan dasar ini terfokus pada 3 dimensi yaitu: sikap, ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan beban belajar sebanyak 114 jam pelajaran (1 jampel 60 menit). Serta model pembelajarannya terintegrasi dengan pemberian keterampilan sehingga nantinya output yang dihasilkan selain melek huruf juga terampil.

Setelah rapat ini diharapkan semua stake holder akan mempunyai persamaan persepsi dan kesamaan gerak untuk berkontribusi maksimal dalam mensukseskan program penuntasan buta aksara di Kabupaten Buleleng.