(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BUNDA PAUD KECAMATAN DIHARAPKAN BERINOVASI DALAM MENINGKATKAN PAUD DI BULELENG

Admin disdikpora | 22 Oktober 2018 | 338 kali

BUNDA PAUD KECAMATAN DIHARAPKAN BERINOVASI DALAM MENINGKATKAN PAUD DI BULELENG

Singaraja, 20 Oktober 2018| DISDIK TODAY
Bunda PAUD Kabupaten Buleleng kembali menggelar Kegiatan Apresiasi Bunda Berprestasi Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2018, namun kegiatan kali ini berbeda dengan tahun kemarin. Tahun ini Bunda PAUD Kabupaten menjajal kemampuan Bunda PAUD Kecamatan dalam Pengelolaan PAUD di wilayah Kecamatan masing-masing.

Kegiatan yang bertajuk Apresiasi Bunda PAUD Kecamatan Berprestasi Tingkat Kabupaten Bueleleng Tahun 2018 ini dibuka secara resmi oleh Bunda PAUD Kabupaten Buleleng, Nyonya Aries Suradnyana di Gedung Wanita Laksmigraha pada hari Sabtu, 20 Oktober 2018.

Kegiatan ini bertujuan Untuk meningkatkan pemahaman, pendalaman dan juga penguasaan para Bunda PAUD Kecamatan dalam rangka mengimplementasikan Program-program dalam pengembangan PAUD di masing-masing Kecamatan. Bunda PAUD Kecamatan ini mewilayahi beberapa desa dan tentu menjadi motivator, fasilitator terhadap perkembangan PAUD yang ada di Desa.

Dalam tampilnya sekarang, melalui presentasi memperebutkan Bunda PAUD Berprestasi maka akan tercipta ide-ide baru yang mungkin nanti akan bisa diadopsi oleh bunda PAUD yang lain. Hal ini bisa dikolaborasikan menjadi sebuah program yang sinergis antar Kecamatan. Demikian tegas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Drs.Gede Suyasa M.Pd saat ditemui usai seremonial pembukaan.

Disisi lain Bunda PAUD Kabupaten Buleleng menyampaiakan harapannya agar Database PAUD yang ada di desa-desa bisa terangkum oleh kecamatan. Selanjutnya data kecamatan dirangkum oleh kabupaten. Tentunya dari sana berdasarkan maping yang ada Bunda PAUD bisa bergerak, bagaimana kondisi PAUD yang ada di Desa, terus bagaimana juga pemahaman Bunda PAUD Kecamatan dan Desa.

“Disamping itu Bunda PAUD Kabupaten Buleleng juga akan melaksanakan pelatihan-pelatihan bagaimana caranya menggerakkan PAUD yang ada di Desa agar semua steakholder baik orang tuanya, Bunda PAUDnya peduli terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Karena PAUD itu adalah Pendidikan Karakter, dan itu adalah asset dikemudian hari, dan mungkin 25 tahun lagi kita akan mendapatkan Bonus terhadap karakter mereka,” jelas Bunda PAUD saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Peserta Kegiatan ini berjumlan 8 Bunda PAUD Kecamatan dan 1 Bunda PAUD Kecamatan Buleleng Nyonya Sri Yulistyawati Ardika sebagai Best Practice karena sudah pernah Juara I Bunda PAUD Tingkat Provinsi dan sempat mengikuti lomba di tingkat Nasional.

Adapun Dewan Juri dalam kegiatan kali ini berasal dari Praktisi PAUD, dan TIM Bunda PAUD Kabupaten Buleleng yang telah merekapitulasi hasil penilaian yang meliputi beberapa kreteria penilaian, sehingga dapat memutuskan Bunda PAUD Kecamatan terbaik diantaranya, sebagai berikut:
Juara I diraih oleh Bunda PAUD Kecamatan Seririt Nyonya Cornelia Riang Pustaka, 
Juara II diraih Oleh Bunda PAUD Kecamatan Sukasada Nyonya Wiwik Adnyana, 
Juara III diraih oleh Bunda PAUD Kecamatan Gerokgak Nyonya Rahayu Handayani Juartawan, 
Juara Harapan I diraih Oleh Bunda PAUD Kecamatan Tejakula Nyonya Aryastini Widiartha, 
Juaran Harapan II diraih oleh Bunda PAUD Kecamatan Kubutambahan Nyonya Karnadi Suyasa 
Juara Harapan III diraih oleh Bunda PAUD Kecamatan Sawan Nyonya Mas Suradnyana.