(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DIALOG INTERAKTIF “GURU DI ERA KEKINIAN

Admin disdikpora | 22 November 2016 | 556 kali

DIALOG INTERAKTIF “GURU DI ERA KEKINIAN

Singaraja, DISDIK TODAY | Selasa pagi, 22 Nopember 2016 Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. menghadiri Dialog Interaktif di Radio Guntur FM dengan tema “Guru di Era Kekinian”. Dalam acara tersebut Kadisdik hadir bersama Ketua PGRI Buleleng, Drs. I Nyoman Darta, M.Pd. dan dipandu pembawa acara Ketut Wiratmaja, SH.

Dialog membahas peran guru di Era Kekinian, dimana guru sebagai mana diatur dalam UU 14/2005 Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Namun saat ini peran guru dinilai masyarakat mengalami pergeseran dimana adanya berbagai persyaratan dalam rangka pemenuhan administrasi untuk memperoleh tunjangan profesi, berpengaruh terhadap sikap guru dalam mendidik dan melatih peserta didik. Hal ini disebabkan dengan begitu banyaknya persyaratan yang mesti dipenuhi oleh guru, sehingga waktu untuk berinteraksi dengan siswa hanya sebatas di dalam kelas saja.

Sedangkan kedudukan guru sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Download disini