(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DIALOG INTERAKTIF "PORJAR BULELENG MENUJU PROVINSI 2020"

Admin disdikpora | 28 Oktober 2019 | 748 kali

DIALOG INTERAKTIF "PORJAR BULELENG MENUJU PROVINSI 2020"

Singaraja, 25 Oktober 2019| DISDIK TODAY

Disdikpora Kabupaten Buleleng yang diwakili Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Ida Bagus Gde Surya Bharata bersama Kasi Pembibitan dan Nyoman Heriadi menyapa pendengar setia Guntur FM Radio dalam acara Dialog Interaktif pagi, Jumat 25 Oktober 2019 di studio Guntur FM Radio, Banyuning Singaraja.

Dipandu pembawa acara Ketut Wiratmaja, Dialog Interaktif membahas seputar kegiatan Pekan Olahraga Pelajar (PORJAR) Kabupaten Buleleng Menuju PORJAR Bali 2020. Dalam penyampaian awal Kabid PO Disdikpora memaparkan keberadaan PORJAR sebagai olahraga pendidikan merupakan bagian dari visi dan misi pembangunan daerah Bupati dan Wakil Bupati Buleleng tahun 2017 - 2022. Hal ini sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan SDM yang berkualitas, mandiri dan berdaya saing. Sampai saat ini pemerintah daerah sangat konsen dalam pembibitan dan pembinaan atlet yang akan bertanding di ajang PORJAR. Mulai dari rekruitmen atlet, jadwal latihan serta kualitas pelatih pada masing-masing cabor.

Ajang PORJAR Kabupaten Buleleng 2019 merupakan strategi seleksi atlet pelajar berbakat dimana baru diikuti 16 Cabang Olahraga, sementara sisanya 15 Cabor lainnya akan dilaksanakan kejuaraan pelajar di awal tahun 2020 mendatang. Strategi ini ditempuh untuk mengefektifkan persiapan atlet yang memerlukan latihan lebih lama utamanya atlet beregu sehingga muncul chemistry diantara personal. Sedangkan yang menggunakan indikator berat badan atau indikator lainnya dilaksanakan pada kejuaraan pelajar nantinya.

Sementara secara teknis dijelaskan oleh Kasi Binpres, bahwa perolehan medali Kontingen PORJAR Bulelng dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan berhasil mempertahankan posisi Juara Umum III selama 6 Tahun berturut-turut. Dari hasil evaluasi dan kajian teknis yang dilaksanakan sangatlah memungkinkan jika posisi PORJAR Buleleng naik ke peringkat II. Hal ini tentunya harus diimbangi dengan komposisi kuota atlet yang diikutsertakan untuk mendulang sebanyak-banyaknya medali yang diperebutkan.