(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DIALOG PEMUDA BULELENG: “MENUJU PEMUDA BULELENG BERINTEGRITAS, MAJU DAN MANDIRI”

Admin disdikpora | 03 Oktober 2019 | 587 kali

DIALOG PEMUDA BULELENG: “MENUJU PEMUDA BULELENG BERINTEGRITAS, MAJU DAN MANDIRI”

Lovina, 2 Oktober 2019|DISDIKTODAY
Kegiatan Dialog Pemuda Buleleng Tahun 2019 yang dirangkai dengan Bulan Pemuda Tahun 2019 di Kabupaten Buleleng kali ini merupakan salah satu kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng sebagai salah satu upaya menumbuhkan peran serta pemuda dalam pembangunan daerah.Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Setda Kabupaten Buleleng I Putu Karuna, SH bertempat di Hotel Melka, Lovina (2/10/19).Dalam pembacaan sambutan Bupati Buleleng berpesan bahwa Kita berharap pemuda Buleleng ke depan agar menjadi agen perubahan yang semakin maju dengan memiliki jati diri, karakter dan integritas. Sebagaimana telah tertuang dalam visi dan misi pembangunan daerah.
Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si yang sekaligus sebagai ketua panitia melaporkan bahwa Kegiatan Bulan Pemuda dan Dialog Pemuda Buleleng Tahun 2019 bertujuan untuk Membangun komunikasi antar institusi/organisasi pemuda di Kabupaten Buleleng, Berbagi informasi pelayanan kepemudaan di Kabupaten Buleleng, Menumbuhkembangkan kepedulian pemuda akan lingkungan, dan Menumbuhkan partisipasi pemuda dalam pembangunan daerah. Pelaksanaan kegiatan Bulan Pemuda di Kabupaten Buleleng akan berlangsung dari selama Bulan Oktober 2019 di beberapa lokasi dengan beberapa kegiatan antara lain Dialog Pemuda Buleleng, Kemah Bakti Sosial, Buleleng Entrepreneurs Support Trainning (BEST) Practice, Pentas Seni - Budaya Pemuda, Perang Sampah Plastik, Workshop Wajah Plastik, Gerakan 1000 thumbler, Gebyar Pendidikan Non Formal, Penghargaan Pemuda Pelopor Kabupaten Buleleng, dan Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91.
Seusai acara seremonial kegiatan dilanjutkan dengan dialog mencangkup tentang kegiatan kepemudaan baik di lingkungan, ekonomi, teknologi, inovasi, Sektor Pertanian, Pendidikan, Budaya dan lain sebagainya.Guna lebih atraktif dalam kegiatan ini turut menghadirkan narasumber, diantaranya Asisten Administrasi Setda Kabupaten Buleleng, Perwakilan Polres Buleleng, Komunitas Petani Muda Keren, Yayasan Sahabat Bumi Bali Utara dan sebagai moderator dari Komunitas Jurnalis Buleleng. Sedangkan untuk peserta sendiri tentu masyarakat Buleleng yang berusia 16 – 30 tahun yang terdiri dari unsur peserta didik, mahasiswa, organisasi kepemudaan, komunitas pemuda dan wirausaha pemuda. Dalam kegiatan ini turut mengundang Forkopimda Kabupaten Buleleng, Bapak/Ibu Pimpinan SKPD terkait Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Terakhir harapan Kadisdikpora Buleleng adalah untuk para peserta, Para Pemuda Buleleng agar kegiatan ini dapat dijadikan ajang berbagi informasi dan mencari solusi serta membangun visi Pemuda Buleleng ke depan yang lebih mapan sesuai dengan tema kali ini yaitu “Menuju Pemuda Buleleng Berintegritas, Maju dan Mandiri”.