(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Disdik Buleleng Lepas 49 Siswa SMK Berlaga di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tahun 2015 Tingkat Provinsi Bali

Admin disdikpora | 05 Oktober 2015 | 885 kali

Disdik Buleleng Lepas 49 Siswa SMK Berlaga di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tahun 2015 Tingkat Provinsi Bali

Salah satu kebijakaan pembangunan pendidikan adalah mengembangkan kualitas SDM secara terarah, terpadu, dan menyeluruh melalui berbagai upaya proaktif oleh seluruh komponen bangsa dan pemangku kebijakan. Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK adalah salah satu cara untuk menjawab tantangan tersebut melalui ajang kompetisi siswa, demikian hal yang terungkap dalam acara Pelepasan Peserta Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Bali Tahun 2015, Sabtu 03 Oktober 2015 di ruang sidang SMK Negeri 3 Singaraja. Dengan menurunkan siswa SMK sebanyak 49 orang hasil seleksi tingkat kabupaten, Peserta LKS SMK Kabupaten Buleleng akan berjuang di Provinsi dalam 33 bidang lomba.

Koordinator LKS SMK Kabupaten Buleleng, Drs. I Made Darwis Wibawa, MM, menyatakan bahwa LKS SMK Provinsi Bali akan berlangsung tanggal 06-09 Oktober 2015 terpusat di Denpasar. LKS SMK memiliki tujuan untuk (1) Mengembangkan iklim berkompetisi bagi siswa SMK; (2) Meningkatkan citra SMK melalui unjuk kemampuan dan prestasi siswa SMK di bidang kejuruan; (3) Sebagai sarana promosi potensi siswa SMK kepada dunia usaha dan industri; (4) Meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan dan potensi SMK sebagai tempat diklat berkualitas, penyedia teknisi industri tingkat menengah dan mitra usaha; (5) Memupuk persahabatan dan kerjasama secara regional dalam membangun dan mengembangkan SMK; dan (6) Ajang seleksi siswa SMK berprestasi di tingkat Kabupaten, Provinsi atapun Nasional, ujar Kepala SMK Negeri 2 Singaraja tersebut.

Sementara itu, Kabid Dikmen Disdik Buleleng, I Made Sedana, S.Pd, M.Pd dalam arahannya menyatakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK sangat efektif dalam membina dan membangun karakter para siswa, sebab melalui lomba yang bersifat kompetisi, para siswa akan diajak mengembangkan kemampuan berpikir, bekerja/praktek secara kreatif serta inovatif dan melatih daya juang. Lebih lanjut, beliau memotivasi Peserta LKS SMK Kabupaten Buleleng untuk menggunakan ajang ini sebaik-baiknya guna meraih prestasi yang optimal, mengingat dalam diri peserta lomba bukan hanya melekat nama pribadi saja, tapi nama baik sekolah dan nama kabupaten ada di pundak mereka dalam ajang bergengsi antar siswa SMK ini. Beliau berharap melalui usaha keras dan doa yang tulus,  Peserta LKS SMK Kabupaten Buleleng bisa memperoleh prestasi yang membanggakan di tingkat provinsi bahkan nasional.