(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG DAN TIM GOOGLE MASTER TRAINER SOSIALISASIKAN AKUN PEMBELAJARAN UNTUK GURU DAN PESERTA DIDIK

Admin disdikpora | 22 Desember 2020 | 279 kali

DISDIKPORA BULELENG DAN TIM GOOGLE MASTER TRAINER SOSIALISASIKAN AKUN PEMBELAJARAN UNTUK GURU DAN PESERTA DIDIK

Singaraja, Senin 21 Desember 2020|DISDIKTODAY

Sehubungan dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 37 Tahun 2020 tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran Bagi Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan Tim Google Master Trainer kabupaten Buleleng melaksanakan kegiatan pengimbasan dan pelatihan Belajar dari Mana Saja dengan G Suite For Education.

 

Dari Disdikpora Kabupaten Buleleng sendiri untuk sosialisasi akun pembelajaran secara virtual ini diikuti oleh Plt. Sekretaris Disdikpora, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P mewakili Kadisdikpora Buleleng. Pemanfaatan akun pembelajaran diharapkan nanti para guru ditingkat satuan pendidikan bisa memanfaatkan akun pembelajaran sebagai fasilitasipembelajaran bagi peserta didik secara daring melalui laman belajar.id.Secara garis besar Disdikpora Buleleng mendukung penuh kegiatan ini dan sekaligus melaksanakan sosialisasi ke satuan pendidikan jenjang SD dan SMP.

 

Selain itu adapun tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah Memperkenalkan akun pembelajaran belajar.id beserta fitur-fiturnya kepada para pendidik Meningkatkan pengetahuan pendidik mengenai pemanfaatan g suite for education dalam proses pembelajaran.Selanjutnya Adapun sasaran kegiatan dari pelatihan ini adalah guru-guru SD (terutama kelas 5 dan 6) dan SMP di kabupaten Buleleng yang sudah memiliki akun pembelajaran belajar.id

 

Perlu diketahui bersama bahwa, Kemdikbud sejak tanggal 11 Desember 2020 telah melaunching akun pembelajaran belajar.id sebagai jawaban dari seriusnya pemerintah pusat untuk membantu permasalahan pembelajaran yang terjadi hampir selama 2 semester sebelumnya.

 

Akun belajar.id ini merupakan akses masuk tunggal ( Single Sign On ) ke berbagai layanan pembelajaran digital seperti surat eletronik,penyimpanan dan pembagian dokumen secara elektronik, pengelolaan adminsitrasi pembelajaran secara elektronik, pelaksanaan proses pembelajaran daring ( online ), baik secara sinkronus (dilakukan pada waktu yang bersamaan) maupun asinkronus (fleksibel dan tidak harus dalam waktu yang bersamaan). Akun belajar.id ini sudah bisa diaktifkan oleh masing-masing guru dan siswa di seluruh Indonesia sampai bulan Juni 2021.

 

Selanjutnya bentuk kerjasama dan dukungan pelatihan Belajar dari Mana Saja dengan G Suite For Education. Disdikpora Kabupaten Buleleng sebagai Instansi yang membidangi Pendidikan di Kabupaten Buleleng diharapkan bisa memberikan dukungan dan memfasilitasi kegiatan yang akan dilaksanakan berupa sosialisasi awal mengenai akun belajar.id kepada Kepala SD dan SMP se Kabupaten Buleleng serta penjaringan peserta pelatihan yang melibatkan satu guru untuk setiap SD dan SMP di kabupaten Buleleng.

 

Pelatihan ini dilaksanakan secara In dan On .Kegiatan In akan dilaksanakan dengan pertemuan virtual melalui aplikasi Google Meet selama 3 hari terhitung dari 21 sampai dengan 23 Desember 2020. Untuk kegiatan On akan dilaksanakan melalui aplikasi Google Classroom selama 3 terhitung dari hari Kamis - Sabtu, 24 - 26 Desember 2020