(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR DHARMA SANTHI HARI RAYA NYEPI

Admin disdikpora | 10 April 2017 | 496 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR DHARMA SANTHI HARI RAYA NYEPI

Singaraja, DISDIK TODAY | Dalam rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1939, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menggelar Dharma Santhi Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939. Acara yang berlangsung di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja pada Jumat, 7 April 2017 dihadiri dan dibuka langsung Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST didampingi Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG. Hadir pula dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng bersama Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng, Camat, Pimpinan BUMD, Ketua PHDI Kabupaten Buleleng, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, Ketua Majelis Madya Desa Pekraman Kabupaten Buleleng, Kepala UPP, WHDI serta jajaran satuan pendidikan, Kepala Sekolah bersama Kepala Tata Usaha mulai jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SKB dan PKBM.

Kepala Disdikpora Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. dalam laporannya menyampaikan tema Dharma Santhi kali ini adalah “Mulat Sarira” Mewujudkan Pendidikan Sanatana Dharma. Secara harfiah tema tersebut berarti introspeksi dan kontemplasi diri guna mewujudkan pendidikan yang abadi, kekal dan langgeng sepanjang hayat. Acara yang bertujuan selain merayakan hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939, pelaksanaan Dharma Santhi ini juga sebagai media simakrama antar keluarga besar Disdikpora Kabupaten Buleleng.

Sementara itu, Bupati Buleleng dalam Sambrama Wacananya menyampaikan bahwa melalui Mulat Sarira kita diajak menjadi pribadi-pribadi baru yang telah belajar dari apa yang kita lakukan. Memiliki pikiran terbuka dan optimis menatap masa depan.

“Dharma Santhi Hari Raya Nyepi ini juga memiliki makna simakrama, yaitu saling mendekatkan diri untuk melakukan silahturahmi dan saling memaafkan agar tercipta kedamaian. Terlebih kegiatan dharma santhi diisi dengan Dharma Wacana dan Dharma Tula, sehingga saya berharap seluruh jajaran Disdikpora dapat menikmati sesuatu yang luar biasa dan bermanfaat dalam kehidupan. Dengan siraman rohani semoga pemahaman kita beragama akan semakin dalam,” demikian sambutnya.

Acara yang menampilkan pembacaan Sloka dan Tari Sekar Jagat dari siswa-siswa SMPN 1 Singaraja diisi acara utama berupa Dharma Wacana dari Ida Pandita Mpu Jaya Acharya Nanda dengan moderator Nyoman Suardika, S.Ag.,M.Fil.H.