(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR UPACARA CARU RSI GANA PANCA KELUD DI GOR BHUANA PATRA SINGARAJA

Admin disdikpora | 06 Mei 2019 | 370 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR UPACARA CARU RSI GANA PANCA KELUD DI GOR BHUANA PATRA SINGARAJA

Singaraja, 4 Mei 2019 |DISDIKTODAY

Bertepatan dengan Tilem Jiyestha, Saniscara Wage Dukut, sabtu 4 Mei 2019 Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng melaksanakan Upacara Rsi Gana Manca Kelud dipusatkan di Lapangan Bhuwana Patra Singaraja.

Pelaksaan upacara di mulai pukul 11.00 wita dipuput oleh tiga sulinggih diantaranya Ida Pedanda Gede Sogata Griya Budha saking Griya Tianyar , Ida Pedanda Istri Alit saking Griya Sukasada,lan Ida Rsi Bujangga Waisnawa Wiwekanata saking Griya Tarupinge Baktiseraga.

Kegiatan diawali dengan upacara membersihkan semua venue secara niskala dan diakhiri dengan pesembahyangan bersama. Seusai persembahyangan ketika ditanya tentang tujuan dilaksanakannya upacara ini Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si meyampaikan bahwa Upacara Caru Rsi Gana Manca Kelud ini baru pertama diadakan. Tujuan dari upacara ini adalah untuk mewujudkan keseimbangan sekala lan niskala, persembahan bukan hanya kepada yang di atas tetapi bhakti ring sor sangat penting agar beliau merasa senang (Bhuta Kala) sehingga bisa nyomia.Selain itu upacara ini diharapkan menetralisir aura-aura negiatif serta diharapkan akan mendatangkan aura positif sehingga memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi semua pengguna GOR Bhuana Patra Singaraja.

Selain itu Ketua Umum Koni Kabupaten Buleleng, Drs. Nyoman Artha Widnyana mengucapkan terima kasi kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng yang dalam hal ini Disdikpora Buleleng sudah bisa melaksanakan upacara Caru Rsi Gana ini. Seperti yang diungkapkan Kadisdikpora Buleleng kegiatan upacara ini diharapkan ketika semua venue digunakan kita semua diberikan keselamatan dan kerahayuan.

Dalam kegiatan ini turut hadir Staf Ahli Bupati Buleleng, Camat Buleleng beserta unsur Muspika Buleleng, Pengkab Olahraga Kabupaten Buleleng serta pejabat dan staf lingkup Disdikpora Buleleng.