(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN PROGRAM LATIHAN BERBASIS PROTOKOL KESEHATAN

Admin disdikpora | 10 November 2020 | 215 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN PROGRAM LATIHAN BERBASIS PROTOKOL KESEHATAN

Tukadmungga, Selasa 10 Nopember 2020 | DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, memalui bidang pembinaan Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan Program Latihan Berbasis Protokol Kesehatan, yang terlaksana mulai hari ini, Selasa, tanggal 10 Nopember 2020 hingga tanggal 17 Nopember 2020, bertempat di Hotel Bali Taman, Desa Tukad Mungga-Lovina.

Dalam laporan Kabid Pembinaan Pemuda dan Olahraga, Ida Bagus Surya Bharata, S.Pd, M.A.P sekaligus sebagai ketua panitia melaporkan bahwa kegiatan Workshop ini diikuti oleh para pelatih utusan dari 40 Pengkab Olahraga anggota KONI Kabupaten Buleleng, guna membangun komitmen bersama untuk dapat memberikan pelayanan terbaik dalam pelaksanaan pembinaan dan latihan kepada seluruh atlet .
Untuk Teknis Penyelenggaraan berdasarkan situasi dan kondisi yang sedang berlaku saat ini, maka Workshop Penyusunan Program Latihan Berbasis Protokol Kesehatan ini kami laksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan dalam berkegiatan, sehingga Workshop ini kami selenggarakan dalam 3 (tiga) gelombang, sebagai berikut :Gelombang I (pertama) dilaksanakan selama 2 (dua) hari, mulai hari ini, Selasa, 10 Nopember 2020 hingga Rabu, 11 Nopember 2020, dengan jumlah peserta 28 orang, masing-masing 2 orang dari 14 Pengkab Olahraga, yaitu : Atletik, Balap Motor, Balap Sepeda, Biliard, Binaraga, Basket, Bola Tangan, Bola Voli, Bridge, Bulutangkis, Catur, Cricket, Dansa, dan Gateball.Gelombang II (kedua) dilaksanakan selama 2 (dua) hari juga, mulai hari Kamis, 12 Nopember 2020 hingga Jumat, 12 Nopember 2020, dengan jumlah peserta 26 orang, masing-masing 2 orang dari 13 Pengkab Olahraga, yaitu : Judo, Karate, Kempo, Menembak, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Petanque, Renang, Senam, Sepak Bola, Sepak Takraw dan Taekwondo.Gelombang III (ketiga) dilaksanakan selama 2 (dua) hari pula, mulai hari Senin minggu depan, tanggal 16 Nopember 2020 hingga Selasa, 17 Nopember 2020, dengan jumlah peserta 26 orang, masing-masing 2 orang dari 13 Pengkab Olahraga, yaitu : Tarung Derajat, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Tinju, Woodball, Wushu, Softball, Kabaddi, Yongmodo, Peksi, Rugby, Muaythai dan Selam. Kegiatan di hari pertama turut menghadirkan narasumber Satgas Covid Kabupaten Buleleng, Dr.dr. Made Budiawan, S.Ked., M.Kes., AIFO, dari Fakultas Kedokteran Undiksha, Wakil Dekan I FOK Undiksha, I Ketut Yoda, S.Pd, M.Or.

Selanjutnya, Ketua Umum KONI Kabupaten Buleleng Drs. Nyoman Artha Widnyana dalam penyampaian sambutanyya menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Disdikora kabupaten Buleleng dimasa covid-19 ini bisa menyelenggarakan Workshop Penyusunan Program Latihan Berbasis Protokol Kesehatan .Tentu dengan adanya kegiatan ini bisa mengantisipasi penyebaran serta pencegahan penyebar luasan Covid-19.

Sementara itu. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng. Made Astika, S.Pd, M.M saat hadir ,membuka kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada KONI Buleleng beserta jajarannya, atas dukungan dan kerja samanya dalam pengelolaan venue olahraga serta kebijakan-kebijakan yang telah diambil dalam pengelolaan 40 Pengkab Olahraga selama pandemi.

Selain itu hal yang terpenting dalam workshop ini yaitu Pertama, bahwa Pembinaan dan pengembangan olahraga masyarakat, olahraga prestasi, olahraga pelajar termasuk olahraga cacat adalah tanggung jawab kami Disdikpora Kabupaten Buleleng, bersama-sama dengan KONI Buleleng. Maka begitu pemerintah tidak melarang masyarakat untuk berolahraga, maka tanggung jawab kami adalah mengatur secara teknis kegiatan berolahraga sedemikian rupa, sehingga penularan Virus Corona tidak terjadi disaat masyarakat melakukan kegiatan olahraga.

Terakhir, tentu hasil yang diharapkan nanti tiada lain adalah agar para pelatih dari 40 Pengkab Olahraga mampu menyusun Program Latihan berbasis Protokol Kesehatan, sebagai wujud sikap dan komitmen bersama untuk memberikan layanan terbaik dalam pelaksanaan pembinaan dan latihan kepada atlit, sekaligus sebagai bentuk sinergitas antara insan olahraga bersama Pemerinah Daerah Kabupaten Buleleng dalam menjaga dan mengendalikan tingkat penyebaran Covid – 19 dalam pelaksanaan berkegiatan olahraga.