(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG HADIRI FORUM KELITBANGAN DAERAH

Admin disdikpora | 28 November 2017 | 333 kali

DISDIKPORA BULELENG HADIRI FORUM KELITBANGAN DAERAH

Banyualit, DISDIK TODAY | Dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Pemerintah Daerah dapat melakukan inovasi. Inovasi sebagaimana dimaksud adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Hal tersebut sebagaimana amanat undang-undang 23 tahun 2014 tengtang Pemerintahan Daerah. Demikian disampaikan oleh narasumber Fungsional Analis Kebijakan, Pusilitbang Inovasi Daerah, Balitbang Kementerian Dalam Negeri, Irman, AP.,MM. dalam Forum Kelitbangan Daerah Sinergitas Penelitian dan Pengembangan Dalam Rangka Peningkatan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Tahun 2017.

Selanjutnya sebagai tindak lanjut dari undang-undang tersebut, telah diterbitkan peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, yang secara khusus memiliki keterkaitan dengan kegiatan kelitbangan yang meliputi Penelitian, pengkajian, pengembangan, perekayasaan, penerapan, pengoperasian dan evaluasi kebijakan.

Sedangkan, Pembicara kedua dari Politeknik Negeri Bali menyampaikan paparan Roadmap Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SiDA) Kabupaten Buleleng Tahun 2018-2025. Dengan konsep roadmap yang ditawarkan meliputi : Penguatan program prioritas dan struktur organisasi; Penguatan teknologi tepat guna dan teknologi informasi; Integrasi inovasi dengan program unggulan; Komersialisasi produk; dan Keberlanjutan sistem inovasi.

Kegiatan yang diselenggarakan Bappeda dan Litbang Kabupaten Buleleng berlangsung pada Senin 27 Nopember 2017 di Hotel Banyualit, dibuka resmi Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng diwakili Asisten Administrasi Pemerintahan Umum, Drs. Ketut Asta Semadi, MM. Acara yang berlangsung sehari ini diikuti perwakilan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Kabupaten Buleleng, Perangkat Daerah dan BUMD. Sementara Disdikpora Kabupaten Buleleng diwakili oleh Kasubag Perencanaan, Ida Bagus Gde Surya Bharata.