(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG IKUTI LOMBA PENGELOLAAN KEARSIPAN ANTAR OPD TAHUN 2019

Admin disdikpora | 08 Mei 2019 | 334 kali

DISDIKPORA BULELENG IKUTI LOMBA PENGELOLAAN KEARSIPAN ANTAR OPD TAHUN 2019

Singaraja, Selasa, 5 Mei 2019 | DISDIKTODAY

Hari ini, selasa 7 Mei 2019 Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng kedatangan tim penilai lomba pengelolaan kearsipan antar OPD Se-Kabupaten Buleleng. Rombongan Tim penilai lomba yang diketua oleh I Putu Kariaman Putra, S.Sos, MM diterma langsung oleh Kadisdikpora Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si didampingi Sekretaris Dinas, Made Astika, S.Pd, MM di aula kantor Disdikpora.

Kegiatan awal diisi dengan acara seremoni yang dibuka secara resmi oleh kepala dinas disertai dengan serah terima arsip inaktif dari Disdikpora Buleleng kepada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kab. Buleleng didampingi tim penilai dari Undiksha Singaraja. Kegiatan ini meibatkan seluruh Kabid, Kasi-Kasubbag dan pengelola arsip internal.

Selanjutnya seusai kegiatan pembukaan, dilanjutkan dengan pengecekan dimasing-masing bidang dan di bagian Sekretariatan.

Pengecekan kelengkapan serta kondisi arsip di lapangan juga menjadi penilaian, selain itu masing-masing penanggungjawab arsip juga dites dengan mempraktekkan langsung bagaimana mencari arsip yang sudah tersusun dengan menggunakan catatan waktu. Dan sebagian besar arsip yang dicari bisa ditemukan dengan rentan waktu kurang lebih dari 15 detik.

”Secara umum kita sudah melihat pengelolaan arsip di Disdikpora Buleleng sudah melakukan penataan kearsipan sesuai dengan regulasi. Pada intinya sudah mengarah kepada regulasi yang ada tinggal pemantapan teknis-teknis sarana dan prasarana serta yang terpenting adalah bagaimana tata kelola kearsipan di Dinas ini sesuai dengan peraturan Gubernur Balino 13 tahun 2014 tentang kearsipan Provinsi Bali dan Peraturan Bupati Buleleng no. 25/2016 tentang tata kearsipan pemerintahan Kabupaten Buleleng.”Jelas Kabid Pembinaan, Pengelolaan dan Pengawasan Arsip.

Setelah kegiatan berakhir Kadisdikpora Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si menyampaikan terima kasih kepada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng karena Disdikpora Buleleng menjadi salah satu dari 10 OPD yang ikut serta dalam penilaian Lomba ini.”Hal ini bukan semata-mata untuk mencari juara tetapi moment ini menjadi penting ketika kita (pengelola arsip internal) tahu bagaimana mengelola arsip yang benar dan sebagai tolak ukur seberapa siap kita ddidalam mengelola arsip-arsip yang kita miliki.

”Ucapan terimakasih juga ditujukan kepada tim pengelola arsip Disdikpora Buleleng yang sudah bekerja keras dan sudah sangat baik. Kedepan diharapkan agar kemampuan SDM didalam mengelola arsip ditingkatkan tentunya dengan dibarengi dengan sarana prasarana pendukung” imbuh Kadisdikpora Buleleng.