(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG MULAI LAKUKAN PEMBINAAN TATA KELOLA DANA BOS DI JENJANG SMP

Admin disdikpora | 14 Juni 2020 | 240 kali

DISDIKPORA BULELENG MULAI LAKUKAN PEMBINAAN TATA KELOLA DANA BOS DI JENJANG SMP

Seririt, Sabtu 13 Juni 2020|DISDIKTODAY

Dalam rangka mencapai pelaporan Dana BOS yang lebih efektif serta efisien sesuai dengan petunjuk teknis BOS nomor 8 tahun 2020 yang kemudian dirubah dengan petunjuk teknis dengan nomor 19 tahun 2020 dan sesuai dengan Permendagri 24 tahun 2020.

Terkait hal tersebut, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng di bulan Juni ini menggelar kegiatan rapat pembinaan pelaporan BOS tahun 2020.Dari informasi Kepala Bidang Pembinaan SMP yang diwakili oleh Kasi Peserta Didik, Putu Primasutha, S.Sn yang langsung hadir dalam kegiatan ini, mejelaskan bahwa kegiatan sebenarnya telah berjalan dua kali dengan menyasar SMP Satap N 1 Gerokgak pada hari kamis lalu dan di SMP N 1 Sukasada pada jumat lalu. Selanjutnya untuk hari ini sabtu, 13 Juni 2020 pembinaan pelaporan BOS menuju ke SMP N 4 Seririt.

Kegiatan pembinaan ini secara umum bertujuan untuk mengecek administrasi keuangan dan kondisi dilapangan sejauh mana sekolah memanfaatkan Dana BOS tentu dengan prosedur sebagaimana tertuang di Juknis yang terbaru.Adapun perlengkapan yang harus disiapkan oleh sekolah diantaranya, Rekap Laporan BOS tahun 2020, SPJ BOS tahun 2020, Pembukuan yang semuanya terangkum dari bulan Januari sampai dengan Juni 2020.

Lebih lanjut lagi, dengan adanya pembinaan ini kedepan sekolah khususnya kepada bendahara BOS diharapkan lebih cermat dan teliti dalam menggunakan Dana BOS. Untuk pelaksanaannya sendiri, dikarenakan situasi covid 19 pembinaan tidak bisa dilaksanakan bersama per-kecamatan. Maka daripada itu dipilih 1 sekolah per kecamatan yang memang dipandang perlu diberikan pembinaan lebih intens dalam rangka tata kelola dana BOS.
Untuk hari selanjutnya pembinaan pelaporan BOS tahun 2020 akan menyasar ke SMP N 4 Tejakula, SMP Satap N 3 Kubutambahan, SMP N 4 Kubutambahan, SMP N 4 Sawan, SMP N 4 Banjar, SMP N 1 Busungbiu