(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA GELAR WORKSHOP K-13 Program Layanan KB

Admin disdikpora | 10 Agustus 2017 | 376 kali

DISDIKPORA GELAR WORKSHOP K-13 Program Layanan KB

Lovina, DISDIK TODAY | Mengambil tempat di Melka-Lovina dari tanggal 8 s/d 11 Agustus 2017 Disdikpora Buleleng melalui Bidang Pembinaan PAUD-PNF menyelenggarakan Workshop Penyusunan Kurikulum 2013 untuk Program Layanan Kelompok Bermain (KB).

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta kompetensi tim penyusun kurikulum KB terhadap mekanisme penyusunan K-13 KB kali ini melibatkan 20 orang peserta yang merupakan perwakilan beberapa lembaga penyelenggara program KB dari Gugus setiap kecamatan se - Kabupaten Buleleng.

Acara tersebut secara resmi dibuka Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kabid Pembinaan PAUD-PNF Dra. Ni Nengah Pujiani, M.AP didampingi Kasi Kurikulum PAUD-PNF Komang Sudarsana, S.Pd dan Narasumber.

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kabid Pembinaan PAUD-PNF menekankan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penyusunan kurikulum KB, mengingat jenjang pendidikan ini merupakan salah satu program layanan PAUD dengan sasaran anak kelompok usia 2 s/d 4 tahun. Pola pembelajaran pada jenjang ini adalah dengan memberikan berbagai stimulasi pembentukan sikap spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan melalui bermain dan kegiatan pembiasaan.

Selanjutnya dalam penyusunan kurikulumnya mesti mempedomani permendikbud No. 137 tahun 2014 tentang standar nasional PAUD dan permendikbud No.146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 PAUD. Dengan tetap menggunakan kedua permendikbud tersebut sebagai rujukan maka kurikulum yang terbentuk nantinya tentu akan menjadi sesuai dengan kelompok usia layanannya yaitu program kelompok bermain (KB).