(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA MONITOR KINERJA GURU SECARA BERKESINAMBUNGAN

Admin disdikpora | 10 Maret 2019 | 383 kali

DISDIKPORA MONITOR KINERJA GURU SECARA BERKESINAMBUNGAN

 

Singaraja, 9 Maret 2019| DISDIK TODAY

Keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh profesionalitas guru. Guru menjadi tulang punggung pendidikan. Guru merupakan pihak yang sangat penting bagi kemajuan siswa. Seorang guru profesional harus memiliki kompetensi pedagogik, yaitu kemampuan mengelola pembelajaran, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang ditunjukkan dengan menguasai materi pembelajaran.

Demikian pula Guru merupakan aktor utama dalam pengembangan dan memajukan pendidikan nasional.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Disdikpora Kabupaten Buleleng, I Putu Sriyasa, SH saat melaksanakan monitoring kinerja guru di beberaoa sekolah, Sabtu, 9 Maret 2019.

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Disdikpora Kabupaten Buleleng atas seijin Kepala Disdikpora dalam kehiatan tersebut memotivasi para guru agar senantiasa dapat melaksanakan tugas secara profesional. Monitoring kali ini menyasar beberapa sekolah antara lain: SD Negeri 1 Banjar Bali, SD Negeri 1 Tukadmungga dan SMP Negeri 3 Banjar.

Dari hasil pengamatan langsung di lapangan, secara umum guru-guru sudah melaksanakan tugasnya sesuai tupoksi mereka masing-masing. Namun permasalahan kekurangan guru kelas berstatus PNS masih tetap menjadi kendala dalam rangka memajukan kualitas pendidikan di Buleleng, seperti yang terjadi di SD Negeri 1 Banjar Bali, hanya mempunyai 3 orang guru kelas berstatus PNS, dengan jumlah siswa 213 orang. Sementara terhadap kekurangan guru tersebut Pemerintah Kabupaten Buleleng mengambil kebijakan dengan sistem kontrak kerja tenaga guru dengan perjanjian kerja.