(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISIKPORA BULELENG GELAR SOSIALISASI DIGITALISASI PENDIDIKAN

Admin disdikpora | 16 April 2018 | 413 kali

DISIKPORA BULELENG GELAR SOSIALISASI DIGITALISASI PENDIDIKAN

Lovina, DISDIK TODAY |
Kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat saat ini perlu diupayakan untuk kemanfaatan yang lebih guna kemajuan di bidang pendidikan. Hadirnya pembelajaran berbasis daring (online) sudah menjadi bagian dari digitalisasi pendidikan yang saat ini telah dikembangkan oleh pemerintah melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng yang bekerja sama dengan PT. Ruang Raya Indonesia yang melakukan kegiatan usaha dengan nama Ruangguru melaksanakan sosialisasi dan implementasi teknologi pendidikan daring (online) di Kabupaten Buleleng. Acara yang berlangsung di Hotel Bali Taman, Lovina dipimpin langsung Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. didampingi para Kepala Bidang Lingkup Disdikpora Kabupaten Buleleng. Sementara dari pihak Ruangguru dihadiri Government Relation Associates, Anak Agung Putri Prameswari.

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng menyampaikan bahwa melalui kerjasama dengan Ruangguru dalam bentuk try-out gratis akan diperoleh informasi yang lebih cepat untuk mengetahui kondisi dan pemahaman kualitas akademik yang dimiliki siswa. Disamping melalui evaluasi ini akan dapat mengetahui apa yang mesti dilakukan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa.

Sementara perwakilan Ruangguru memaparkan cara kerja proses pembelajaran online melalui laman ruangguru.com. Dimana pada laman tersebut siswa maupun guru dengan memiliki akun gratis dapat mengakses contoh pembelajaran, mulai dari video pembelajaran, diskusi dan uji coba test dengan pola seperti UNBK yang dapat diskses dengan menggunakan smartphone, computer ataupun laptop. Sedangakan untuk konten ada yang gratis ada pula yang premium.

Kegiatan yang menyasar kepala SMP dan Ketua Gugus SD se Kabupaten Buleleng ini berlangsung selama 2 hari mulai Kamis - Jumat, 12 – 13 April 2018.