(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

E-LAERNING: JAWABAN DARI TITIK JENUH SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Admin disdikpora | 22 Mei 2018 | 402 kali

E-LAERNING: JAWABAN DARI TITIK JENUH SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Singaraja, Senin, 21 Mei 2018 l DISDIKTODAY

Di era millenial seperti sekarang ini, guru dituntut mampu menguasai teknologi. Apalagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat cepat. Mau tidak mau kita harus berpacu untuk mengikuti arah kemajuan terknologi tersebut. Wacana yang sering kali diperbincangkan salah satunya adalah E-Learning. Terkait hal itu, maka perlu diadakan pembinaan serta pendampingan untuk melatih para guru dalam memahami apa yang dimaksud dengan E-Learning.

Bertempat di SMP N 4 Singaraja, Senin 21 Mei 2018 Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrag Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd didampingi Kepala SMP N 4 Singaraja, Putu Budiastana, S.Pd, M.Pd, hadir membuka secara resmi kegiatan "Workshop E-Learning Dalam Pembelajaran Modern Bagi Guru-Guru SMP N 4 Singaraja dalam rangkaian peringatan hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2018.”

Dalam arahannya Kadisdikpora Buleleng menyampaikan bahwa E-Learning salah satunya berfungsi untuk membantu siswa dalam memahami ilmu pengetahuan. Selain itu untuk menciptakan situasi dalam proses belajar yang menyenangkan, sehingga siswa tidak merasa monoton dan tidak semua bersumber dari Guru melainkan juga dari berbagai media yang bisa dikoneksi oleh E- Learning. Oleh karena itu E-Learning merupakan keniscayaan untuk bisa dijalankan oleh dunia Pendidikan, dan SMP N 4 Singaraja sudah mulai mengambil langkah itu yang nantinya dapat melaksanakan proses belajar berbasis IT yang lebih ramah.

Lebih lanjut disampaikan, ketika titik jenuh proses pembelajaran terjadi maka E-Learning salah satu jawabannya. Saat ini Disdikpora kabupaten Buleleng sudah mulai merintis kerjasama dengan Ruangguru untuk melakukan try out bersama. Kita juga dengan lebih cepat dapat mengetahui hasil belajar dan evaluasi, baik mengenai assesment test, proses belajar termasuk strategi pembelajaran.

Kegiatan wokrshop ini diikuti oleh seluruh Guru dari SMP N 4 Singaraja, Komite Sekolah dan Narasumber dari SMA N Bali Mandara.