(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

ERA REVOLUSI 4.0 FOGIPSI DIHARAPKAN LEBIH MEMANFAATKAN TEHNOLOGI INFORMASI

Admin disdikpora | 18 Desember 2018 | 415 kali

ERA REVOLUSI 4.0 FOGIPSI DIHARAPKAN LEBIH MEMANFAATKAN TEHNOLOGI INFORMASI

 

Singaraja, 18 Maret 2018 l DISDIKTODAY

Pengelolaan pembelajaran efektif sangat ditentukan oleh kreatifitas dan inovasi guru pembelajaran.Saat ini proses pembelajaran mengacu pada otonomi dan demokratis pendidikan yang sangat tergantung kepada perkembangan ilmu pengetahuan tehnologi. Dengan adanya perkembangan di bidang tehnologi informasi, mau tidak mau Guru dituntut untuk mengimbangi perkembangan tersebut. Seperti halnya saat ini atau yang dikenal era revolusi industri 4.0 mengakibatkan pola tergesernya pola pembelajaran convensional berubah menjadi pola pembelajaran transformasional.

Pernyataan di atas merupakan salah satu poin penting yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd saat membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis penyusunan strategi dan teknik pembelajaran IPS berbasis era revolusi 4.0 bertempat di SMP N 6 Singaraja, Selasa 18 Desember 2018.

Selanjutnya kegiatan ini terlaksana atas kerjasama MGMP IPS SMP Kabupaten Buleleng dengan Forum Guru IPS seluruh Indonesia (FOGIPSI). Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru IPS dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan dalam memanfaatkan tehnologi informatika untuk mendukung pembelajaran di kelas.

Selain itu untuk meningkatkan inovasi dan memperdalam penguasaan terhadap pengembangan sumber-sumber belajar.

Kegiatan ini turut melibatkan MGMP IPS seluruh Bali dengan Forum Guru IPS seluruh Indonesia (FOGIPSI) wilayah Bali dengan peserta sebanyak 110 orang.

Melalui kegiatan ini kedepan diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru baik dari mutu pendidikan, teknologi informasi dan inovasi di dalam proses belajar mengajar.