(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

HARDIKNAS 2019: ”MENGUATKAN PENDIDIKAN, MEMAJUKAN KEBUDAYAAN”

Admin disdikpora | 06 Mei 2019 | 333 kali

HARDIKNAS 2019: ”MENGUATKAN PENDIDIKAN, MEMAJUKAN KEBUDAYAAN”

Singaraja, Kamis 2 Mei 2019 | DISDIKTODAY

Sejarah pendidikan di Indonesia tidak lepas dari peran besar tokoh nasional Ki Hadjar Dewantara. Sebagaimana kita ketahui, tanggal 2 Mei merupakan Hari Pendidikan Nasional dimana diambil dari hari kelahiran Bapak Pendidikan Nasional yang terkenal dengan semboyan “ing ngarso sung tulodo, ing madyo mbangun karso, tut wuri handayani”.

Buleleng sebagai salah satu kabupaten yang dibranding sebagai kota Pendidikan tentu selalu berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng sebagai leading sector pendidikan melalui Kadisdikpora Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si menyampaikan bahwa sesuai dengan tema hari pendidikan tahun ini “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Kita melihat generasi muda khususnya anak-anak disekolah harus selalu diingatkan tentang pendidikan karakter.Selain peran guru diperlukan juga peran serta orang tua untuk berperan dan mengawasi .Sedangkan untuk di sekolah sendiri pendidikan karakter sudah menjadi muatan lokal sebagai dasar pembentukan anak-anak yang berkarakter tentu tidak terlepas dari kearifan budaya lokal kedaerahannya .Saya rasa ini kunci untuk menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan."

"Selain itu kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan selalu menjadi tugas dan tanggung jawab untuk selalu ditingkatkan baik dari kualitas dan kuantitas untuk kemajuan pendidikan di Buleleng," tambahnya.

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Buleleng, dr I Nyoman Sutjidra, Sp.OG. dalam pembacaan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dapat disampaikan bahwa tujuan pendidikan Nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Terkait hubungan erat Pendidikan dan Kebudayaan tentu akan menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat milai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

“Setiap tahun kita memperingati hari pendidikan nasional dan bersamaan dengan hari ini hari kamis sesuai dengan peraturan Gubernur Bali kita melaksanan kegiatan dengan menggunakan pakaian adat .Sesuai dengan tema kita harus bisa mengimplementasikan agar pendidikan kita semakin maju dan budayanya semakin kuat serta pelestariannya juga. Untuk sekarang pendidikan di Buleleng menurut laporan dari Kadisdikpora Buleleng bahwa angka pasrtisipasi semakin meningkat dan IPM kita mengarah ke lebih baik. Mudah-mudahan melalui peringatan Hari Pendidikan Nasional penanaman pendidikan berkarakter dan Pelestarian Budaya bisa ditanamkan kepada generasi muda kita khususnya”ungkap Wakil Bupati Buleleng.
Selanjutnya dalam kegiatan ini turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Pimpimnan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng, TNI-POLRI, Mahasiswa dan siswa-siswi Buleleng.