(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

IMPLEMENTASI PAK: BULELENG JADI SASARAN ROADSHOW "JELAJAH NEGERI BANGUN ANTIKORUPSI"

Admin disdikpora | 25 April 2019 | 394 kali

IMPLEMENTASI PAK: BULELENG JADI SASARAN ROADSHOW "JELAJAH NEGERI BANGUN ANTIKORUPSI"

Denpasar, 24 April 2019| DISDIK TODAY

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan Rapat Koordinasi Implementasi Pendidikan Anti Korupsi pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah serta Kedinasan se Provinsi Bali, Rabu 24 April 2019. Rakor yang dihadiri Pimpinan SKPD dan Instansi terkait se Bali dibuka Sekda Provinsi Bali, Drs. Dewa Made Indra, M. Si. mewakili Gubernur Bali. Peserta dari Kabupaten Buleleng diikuti oleh unsur Inspektorat, BKPSDM, Disdikpora dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Buleleng.

Kegiatan yang mengambil tempat di Ruang Rapat Sabha Mandara Utama, Kantor Inspektorat Provinsi Bali membahas Pendidikan Anti Korupsi pada Pendidikan Dasar dan Menengah serta Rencana Roadshow "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi" yang disampaikan oleh Tim Kedeputian Bidang Pencegahan Direktorat Pendidikan dan Pelayanan KPK.

Pendidikan Antikorupsi dalam paparan Tim KPK disampaikan perlu pembentukan budaya baru dengan cara yang berbeda, yang dilakukan melalui pendidikan karakter di semua pusat pendidikan baik keluarga, sekolah dan masyarakat, dengan sekolah sebagai lokomotifnya.

Hal ini sudah dikomitmenkan bersama oleh Mendikbud, Menteri Agama, Menristek-Dikti, Mendagri dan Pimpinan KPK dalam bentuk Komitmen Pendidikan Karakter dan Budaya Antikorupsi yang ditandatangani 11 Desember 2018 lalu. di Jakarta. Selanjutnya komitmen ini sudah disusun Rencana Aksi Implementasi Pendidikan Karakter dan Budaya Antikorupsi yang akan dikawal seluruh lembaga terkait dalam pelaksanaannya.

Semantara untuk membumikan isu-isu pemberantasan korupsi di masyarakat dan menghadirkan KPK secara riil di tengah masyarakat, KPK akan menggelar Roadshow bertajuk "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi" dalam waktu mendatang dengan sasaran Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan NTB. Untuk pelaksanaannya di Bali akan dimulai dari Kabupaten Buleleng pada tanggal 30 - 31 Juli 2019 setelah pelaksanaan di Kabupaten Banyuwangi. Selanjutnya acara ini akan dilaksanakan secara bergilir di kabupaten/kota se Bali.