(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

INVITASI OLAHRAGA TRADISIONAL TINGKAT PROVINSI BALI, BULELENG RAIH JUARA

Admin disdikpora | 11 Agustus 2019 | 464 kali

INVITASI OLAHRAGA TRADISIONAL TINGKAT PROVINSI BALI, BULELENG RAIH JUARA

Denpasar, 9 Agustus 2019| DISDIK TODAY
Dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 74 dan Hari Jadi Provinsi Bali ke 61, Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali menggelar Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi di Lapangan Barat, Monumen Bajra Sandhi, Renon Denpasar. Kegiatan yang berlangsung sehari pada Jumat 9 Agustus 2019 diikuti perwakilan 6 kabupaten/kota se Bali yaitu, Bangli, Buleleng, Denpasar, Karangasem, Klungkung dan Tabanan.

Dalam sekapur sirih saat membuka acara, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster menyampaikan keberadaan olahraga tradisional, belakangan ini kurang bergema dan belum tersosialisasi secara maksimal di masyarakat. Namun melalui kegiatan ini pihaknya menyampaikan apresiasinya atas diselenggarakannya invitasi olahraga tradisional, khususnya bagi kalangan pelajar mengingat masih adanya generasi muda yang tidak mengenal olahraga tradisional yang pernah tumbuh dan berkembang. Olahraga tradisional sangat kental akan nuansa budaya, unik dan sarat dengan nilai nilai luhur yang patut diteladani. Lebih lanjut Ny. Putri Suastini Koster berpesan kepada para peserta pertandingan agar selalu menjunjung tinggi sportivitas dan kerja sama tim dalam invitasi olahraga
tradisional.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, Made Rentin menyampaikan, keberadaan dan identitas olahraga tradisional sebagian ada yang masih bertahan dan sebagian sudah tidak membekas pada kehidupan masyarakat. Apabila olahraga tradisional tidak lagi dimanfaatkan oleh masyarakat sudah dapat dipastikan bahwa satu elemen kebudayaan telah hilang. Oleh karena itu, olahraga tradisional perlu mendapat perhatian dan mendapatkan prioritas utama untuk dilindungi, dibina, dikembangkan, diberdayakan dan selanjutnya diwariskan kepada generasi berikutnya.

Dari hasil pemantauan Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Kabupaten Buleleng di lapangan, tim duta Buleleng yang turun di semua nomor masing-masing, lomba engrang, terompah, dagongan dan hadang berhasil memperoleh juara sebagai berikut:

* Juara II Lomba Hadang yang diraih oleh tim SMPN 4 Singaraja;
*Juara III Lomba Dagongan yang diraih oleh tim SMAN 4 Singaraja;
* Juara III Lomba Terompah yang diraih tim SMKN 1 Singaraja.
Sedangkan Lomba Engrang yang diikuti tim SMKN 2 Singaraja keluar sebagai Juara harapan.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI Bali) AA Oka Ratmadi, dan perwakilan Kepala Dinas Kabupaten/Kota yang menangani urusan kepemudaan dan Olahraga se Bali.