(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

JUARA LOMBA "JANGER MENYALI" TERIMA HADIAH

Admin disdikpora | 30 April 2019 | 388 kali

JUARA LOMBA "JANGER MENYALI" TERIMA HADIAH

Singaraja, Senin 29 April 2019| DISDIK TODAY
Sekaa Janger SMP N 1 Singaraja (Spensa) berhasil sebagai Juara 1 Lomba Janger Menyali Tahun 2019. Hal tersebut sebagaimana hasil penilaian dewan Juri Lomba Janger Tingkat SMP Se Kabupaten Buleleng yang berlangsung selama 2 hari, 21-22 April 2019 pada Pekan Apresiasi Seni (PAS) Remaja dan Malam Hiburan Rakyat di Lapangan Bhuwana Patra Singaraja. Sedangkan diposisi Juara 2 dan 3 masing-masing diraih oleh SMPN 2 Banjar dan SMPN 1 Sukasada. Untuk Juara Harapan 1, 2 dan 3 masing-masing diraih oleh SMPN 2 Busingbiu SMPN 2 Seririt dan SMPN 2 Sawan.

Para juara menerima hadiah yang diserahkan Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Buleleng, I Putu Karuna, SH mewakili Bupati Buleleng, Senin 29 April 2019 saat Penutupan Malam Hiburan Rakyat dan Pekan Apresiasi Seni (PAS) HUT Kota Singaraja ke 415 tahun 2019.

Saat pembacaan hasil penialainya beberapa waktu lalu dewan juri yang berasal dari ISI Denpasar menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Buleleng yang telah melaksanakan regenerasi seni warisan leluhur yang telah direkonstruksi. Selain itu secara bergiliran dewan juri yang terdiri dari : Ni Ketut Suryatini, S.Skar. S.Sn., Dr. Ni Luh Sustiawati, M.Pd.dan I Gede Oka Surya Negara, S.ST., M.Sn. menyampaikan komentar atas pementasan secara umum serta memberikan saran dan masukan teknis kepada para peserta.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng saat menerima hasil penilaian dari dewan juri menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat Buleleng, khususnya Kepala Satuan Pendidikan beserta guru pembina dan pelatih yang telah berperan aktif dalam peningkatan pendidikan karakter melalui mata pelajaran seni budaya. Lomba Tari Janger Menyali ini merupakan implementasi dari pendidikan tersebut. Melalui kegiatan ini secara langsung anak-anak mengetahui kesenian khas asli Buleleng sebagai warisan leluhur yang dapat dilestarikan sampai saat ini.

Kadisdikpora Buleleng juga mengucapkan terima kasih kepada dewan juri, narasumber serta semua pihak yang telah membantu pelaksanaan lomba ini hingga berjalan lancar. Ke depan diharapkan lomba-lomba seni budaya Bali, khas Bali Utara akan terus diupayakan pengenalannya kepada generasi muda Buleleng melalui kegiatan seperti ini.

Para juara lomba janger kali ini berhak atas hadiah berupa trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan.