(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG : GEBYAR PNF WUJUD NYATA DARI PEMERATAAN PENDIDIKAN DI BULELENG

Admin disdikpora | 26 November 2018 | 397 kali

KADISDIKPORA BULELENG : GEBYAR PNF WUJUD NYATA DARI PEMERATAAN PENDIDIKAN DI BULELENG

Singaraja, Sabtu, 24 Nopember 2018 l DISDIK TODAY

Pentingnya mensosialisasikan kepada publik bahwa ada jalur pendidikan yang dinamakan Pendidikan Non Formal (PNF) tentu menjadi sebuah alasan untuk pemerataan pendidikan bagi masyarakat.Pendidikan Non Formal ini adalah merupakan langkah untuk membantu pemerintah dalam menyelesaikan persoalan pendidikan yang tidak bisa diselesaikan di jalur formal. Terkait hal tersebut Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menggelar Gebyar Pendidikan Non Formal Kabupaten Buleleng Tahun 2018.

Petikan pernyataan di atas disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd saat membuka secara resmi kegiatan Gebyar PNF Kabupaten Buleleng bertempat di SD N 3 Banjar Jawa, Sabtu 24 Nopember 2018.

Dalam arahannya pada kegiatan yang mengusung tema "Buleleng Wujudkan Insan Pendidikan Non Formal Berkarakter, Cerdas dan Profesional" itu, Kadisdikpora menambahkan pula, bahwa khusus bagi masyarakat yang buta huruf melalui pendidikan non formal sudah dibantu dengan diadakannya program pendidikan keaksaraan sehingga masyarakat bisa melek huruf. Sedangkan untuk masyarakat yang tidak bisa sekolah di jalur formal kini kita membuka akses belajar di pendidikan non formal.

Selanjutnya, kegiatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan peserta agar lebih siap di tingkat provinsi maupun nasional.

Selanjutnya, Kabid PAUD dan PNF, Dra. Ni Nengah Pujiani, M.A.P menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan semangat belajar peserta didik, pembangunan karakter serta profesionalisme GTK dan untuk membangun kebersamaan pada pendidikan non formal. Adapun jenis lomba yang dilaksanakan yaitu, lomba keberaksaraan, lomba tutor kesetaraan paket B dan C, lomba pengelolaan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM), lomba Kursus dan pelatihan (LKP) dan yang terakhir lomba cerdas cermat peserta didik paket C.Selanjutnya diakhir acara diserahkan piala penghargaan bagi para pemenang lomba oleh kabid PAUD dan PNF.

Semoga dengan diadakannya Gebyar PNF masyarakat lebih paham bahwa ada dua jalur pendidikan diantaranya pendidikan formal dan non formal serta melalui kegiatan ini bisa memberi dorongan maupun membangun kebangaan bahwa lulusan pendidikan non formal mampu bersaing secara kompetitif di masyarakat yang sebenarnya.