(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG: GELORA BISA JADI SALAH SATU INDIKATOR KUALITAS SISWA

Admin disdikpora | 08 Februari 2019 | 471 kali

KADISDIKPORA BULELENG: GELORA BISA JADI SALAH SATU INDIKATOR KUALITAS SISWA

Singaraja, Jumat 8 Pebruari 2019| DISDIKTODAY

Gebyar Lomba Mata Pelajaran (GELORA) SMP N 1 Singaraja Kembali digelar.Kegiatan tahunan ini dibuka Langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si, Jumat (8/2/19) pagi.

Dalam arahan Kadisdikpora menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini, terlebih hal ini memberikan kesempatan bagi siswa sekolah dasar untuk mengasah kemampuan di bidang sains. Selain itu secara mental akan membentuk karakter dan semangat berlomba untuk menunjukan kualitas pribadinya.

Lebih lanjut ada nilai plus dari Gelora ini, yaitu adanya lomba Story Telling. Dengan inovasi ini siswa diajak berkomunikasi atas apa yang mereka pikirkan dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar. Kegiatan tahunan ini sangat penting karena bisa dijadikan indikator evaluasi kemampuan siswa dan kualitas sekolah asal sekolah mereka. Ketika ada indikasi terhadap kemampuan anak-anak yang kurang nantinya perlu ditingkatkan kualitasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP N 1 Singaraja, Dra. Ni Putu Karnadhi, M.Si mengungkapkan bahwa Gelora tahun ini dirancang dengan format baru, yaitu dilihat dari jenis mata pelajaran dan tipe soal yang dilombakan.Dengan model baru ini diharapkan sekolah lebih fokus dan mudah dalam menyiapkan siswa yang akan diikutsertakan.

Perubahan format ini sekaligus sebegai jawaban dari hasil evaluasi pelaksanaan lomba sebelumnya dan sebagai implementasi dari sekolah berintegritas.

Ada tiga lomba yang diikuti peserta dari siswa Sekolah Dasar kelas V dan VI diantaranya: Lomba Matematika, Lomba Ilmu Pengetahuan Alam(IPA), Lomba Ilmu Pengetahun Sosial (IPS) dan Lomba Strory Telling.

Sedangkan untuk juara 1,2 dan 3 disetiap mata pelajaran akan langsung diterima di SMP N 1 Singaraja melalui jalur prestasi.