(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG: HILANGKAN “BULLYING “ SAAT MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH

Admin disdikpora | 15 Juli 2019 | 279 kali

KADISDIKPORA BULELENG: HILANGKAN “BULLYING “ SAAT MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH

Singaraja, Senin, 15 Juli 2019|DISIDKTODAY

Smp N 1 Singaraja guna mengikuti Upacara Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).Kegiatan ini ditujukan bagi siswa baru tingkat SD dan SMP Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2019/2020.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan untuk menjembatani peserta didik baru mengenali berbagai kekhususan dari jenjang pendidikan barunya, berupa lingkungan fisik , sosial dan cara belajar yang berbeda dengan lingkungan pendidikan sebelumnya.Selain itu, masa pengenalan ini sekolah wajib melaksanakan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edikatif, kreatif dan tentunya menyenangkan.Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si saat menjadi Pembina upacara .

Dalam arahannya, semua komponen khususnya Guru yang terlibat dalam kegiatan MPLS ini dilarang melakukan pembullyan kepada peserta, apalagi menugaskan anak-anak kita untuk memakai atribut yang aneh-aneh.Lebih baik dibekali tentang Pendidikan Berkarakter bisa juga mengenai jiwa kepemimpinan.Selain itu, dilarang untuk melibatkan siswa senior (kakak kelas) sebagai penyelenggaran”Intinya mari bersama-sama mengawal , membina dan menggunakan kesempatan MPLS ini sebagai media pengenalan sekolah kepada anak-anak kita agar menjadi lebih siap nantinya untuk mengikuti proses pembelajaran.”tegas Kadisdikpora Buleleng. Adapun beberapa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.

 

Selanjutnya kegiatan di lanjutkan dengan pelepasan balon dan penyematan atribut sekolah kepada perwakilan siswa sebagai tanda MPLS dibuka secara resmi.Kegiatan MPLS ini akan berlagsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 15 s/d 17 Juli 2019. Dalam kegiatan ini turut hadir Sekretaris Dinas, Made Astika, S.Pd, MM, Kabid PSD, I Nyoman Darta, S.Pd, Kasi Kurikulum SD, I Putu Kulawarma, S.Sos, Kasubbag Perencanaan, Made Kawiarsa, S.Pd, MKKS kabupaten Buleleng serta Korwil kecamatan dan para kepala sekolah.