(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG: LESSON STUDY SALAH SATU LANGKAH MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN

Admin disdikpora | 08 Mei 2019 | 321 kali

KADISDIKPORA BULELENG: LESSON STUDY SALAH SATU LANGKAH MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN

Singaraja, Selasa 7 Mei 2019 |DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si berkesempatan hadir dalam kegiatan seminar dan lokakarya “Penguatan Profesionalisme Dosen dan Guru Melalui Lesson Study” yang digelar oleh Fakultas Ilmu Pendidikan Univertitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Kehadiran Kadisdikpora Buleleng dalam hal ini guna memberikan sambutan dan arahan kepada para peserta seminar.

Secara garis besar Kadisdikpora Buleleng menyambut baik kerjasama di bidang Pendidikan ini, tentu melalui seminar dan lokakarya ini diharapkan tenaga kependidikan khususnya guru nantinya semakin memahami kebutuhan siswa di dalam proses pembelajaran.

Selain itu lesson study merupakan usuatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya.

Fokus utama pelaksanaan lesson study adalah aktivitas siswa di kelas, dengan asumsi bahwa aktivitas siswa tersebut terkait dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas. ”Apalagi kemarin sudah diadakan kegiatan open class di SD N 1 Panji dengan menggunakan guru model, mudah-mudahan kegiatan tersebut khususnya kepada guru model bisa diimbaskan ke sekolah-sekolah lain yang ada di kabupaten Buleleng” ungkap Kadisdikpora Buleleng.

Untuk peserta sendiri melibatkan Guru TK, SD, SMP Se-Kecamatan Buleleng dan mahasiswa dengan total peserta 150 orang. Selanjutnya dalam kegiatan ini juga dilaksanakan launching BELC dengan simbolis penandatanganan yang dilakukan oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S.,Kons. dan Kadisdikpora Buleleng.