(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG PAPARKAN SISTEM MUTU PENDIDIKAN

Admin disdikpora | 26 April 2018 | 414 kali

KADISDIKPORA BULELENG PAPARKAN SISTEM MUTU PENDIDIKAN

Singaraja, Rabu, 25 April 2018 l DISDIKTODAY
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. membuka acara Bimbingan Teknis Pengawas Pendamping Sekolah Model bertempat di SMA N 2 Singaraja, Rabu 25 April 2018. Kegiatan yang mengangkat tema "Membangun Sinergitas Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) Untuk Mewujudkan Budaya Mutu Sekolah diikuti oleh Pengawas Sekolah Model di Tingkat SD, SMP, dan SMA sebanyak 32 orang dari Kabupaten Buleleng dan Badung.

Kadisdikpora Kabupaten Buleleng juga dalam acara tersebut berkesempatan menjadi narasumber dengan memberikan pemaparan materi tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Secara umum menurut Undang-Undang Nomor 20 /2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional salah satunya adalah Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis. Selanjutnya, dalam PP Nomor 19/2015 tentang Standar Nasional Pendidikan juga tertera bahwa setiap satuan pendidikan pada jalur Formal dan Non Formal wajib melakukan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Khusus untuk pendidikan di Kabupaten Buleleng integritas juga harus diutamakan selain penilaian dari KKM di sekolah itu sendiri. Ketika integritas mampu dilaksanakan dan diimplementasikan, maka mutu pendidikan secara otomatis akan meningkat. Sealin itu isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana pengelolaan, pembiayaan dan penilaian merupakan syarat keharusan untuk mencapai mutu hasil belajar yang makasimal.

Dalam kegiatan ini turut hadir Kasubag Umum LPMP Bali, Roni Karsidi, SH dan Perwakilan Widya Iswara LPMP Bali. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 25 s/d 28 April 2018 akan berkunjung ke sekolah model yang sudah terdata dalam kegiatan ini.