(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG: PROGRAM KSPAN MERUPAKAN BENTENG GENERASI MUDA TERHADAP BAHAYA HIV-AIDS DAN NARKOBA

Admin disdikpora | 10 April 2019 | 733 kali

KADISDIKPORA BULELENG: PROGRAM KSPAN MERUPAKAN BENTENG GENERASI MUDA TERHADAP BAHAYA HIV-AIDS DAN NARKOBA

Singaraja, Selasa 9 April 2019 | DISDIKTODAY

“Pentingnya pengetahuan dan pemahaman terhadap penanggulangan HIV-AIDS dan penyalahgunaan Narkoba dikalangan generasi muda menjadi tanggung jawab bersama. Bukan saja dari Pemerintah Daerah, melainkan partisipasi masyarakat khususnya di lingkungan keluarga terdekat diharapkan bisa bergerak bersama-sama untuk mengawasi dan menjaga anak-anak kita.” Seperti itulah kutipan kalimat dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si saat menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Guru Pembina KSPAN (Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba) bertempat di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Selasa 9/04/19.

Dalam sambutan dan arahan Bupati Buleleng yang dibacakan oleh Kadisdikpora Buleleng dapat disampaikan bahwa masalah HIV-AIDS dan Narkoba saat ini dan mendatang merupakan masalah besar dan kompleks berdasarkan laporan KPA. Komulatif kasus HIV-AIDS dan Narkoba di Kabupaten Buleleng sampai tahun 2018 tercatat sekitar 2874 kasus dimana Buleleng menduduki peringkat ketiga dengan menyasar kelompok usia muda dan produktif.

Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mencegah secara dini termasuk masyarakat, sekolah dan lingkungannya. Selain itu KSPAN juga diharapkan menjadi salah satu ekstrakulikuler sehingga pencegahan terhadap bahaya HIV-AIDS dan Narkoba ini bisa dicegah sedini mungkin.

Sehubungan dengan hal tersebut Bupati Buleleng menyampaikan pesan untuk Disdikpora Buleleng dalam kesempatan ini diharapkan program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS dan Narkoba melalui jalur sekolah agar dilaksanakan secara berkelanjutan. Hal ini merupakan program yang sangat strategis dalam rangka membentengi generasi mendatang dari tsunami AIDS dan penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Buleleng bisa ditekan.

Selanjutnya, dari laporan Ketua Panitia, Kepala Bagisn Kesra Setda Kabupaten Buleleng, Ni Made Suriani, S.Sos. tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan, pemahaman tentang pencegahan penangulangan Narkoba dan HIV-AIDS di kalangan guru dan KSPAN, khusus nantinya diteruskan kepada generasi muda serta pelajar. Untuk peserta pelatihan terdiri dari Guru Pembina KSPAN tingkat SMP Se-Kabupaten Buleleng sedangkan untuk narasumber dari BNNK Buleleng, Dinas Kesehatan, Dinas PPKBPP-PA Kabupaten Buleleng dan Disdikpora Kabupaten Buleleng. Adapun materi yang akan disampiakan diantaranya yang pertama adalah Kebijakan Pemerintah Kabupaten Buleleng tentang kegiatan KSPAN di Sekolah yang dalam kesempatan ini disampaikan oleh Kabid Pemuda dan Olahraga, Ida Bagus Gde Surya Bharata,S.Pd,M.A,P, masalah HIV-AIDS, Narkoba, Program kerja KSPAN dan Kesehatan Reproduksi.