(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG: UJIAN NASIONAL TAHUN INI, DIHARAPKAN PENUH DENGAN INTEGRITAS

Admin disdikpora | 09 Maret 2020 | 237 kali

KADISDIKPORA BULELENG: UJIAN NASIONAL TAHUN INI, DIHARAPKAN PENUH DENGAN INTEGRITAS

Singaraja, Kamis 5 Maret 2020 | DISDIKTODAY

Kegiatan Sosialisasi Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020 dibuka secara resmi oleh Kepala dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si .Dalam kesempatan tersebut dpat disampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk menghasilkan perspektif dan pandangan yang sama agar tidak menimbulkan ambigu di satuan pendidikan tentang pelaksanaan Ujian Nasional.Pelaksanaan UN tahun ini diharapkan penuh dengan integritas. Selain itu pengawasan, pelaksaan evaluasi mohon di laksanakan dengan baik agar pelaksaan berjalan dengan aman dan sesuai dengan apa yang kita harapkan.Para peserta sosisalisasi juga diharapkan secara seksama menyimak pemaparan terkait Peraturan BSNP No. 0053/P/BSNP/I/2020 tentang POS Ujian Nasional 2020.Sekali lagi UN tahun ini harus penuh integritas”Salam Integritas”.imbuh Kadisdikpora Buleleng.

Sementara itu dari laporan Kassubag Perencanaan, Gede Wardana, S.Kom dapat disampikan bahwa kegiatan sosialisasi UN ini sudah melalui berbagai persiapan, baik berupa sosialisasi,pelatihan Proktor maupun teknisi. Selain itu kami Disdikpora Buleleng juga selalu hadir dalam kegiatan rapat di Disdikpora Provinsi Bali untuk mematangkan informasi apa saja yang nantinya kami akan sampaikan kepada satuan pendidikan di daerah.

Selanjutnya untuk pemaparan disampikan Sekretaris Disdikpora Buleleng,Made Astika, S.Pd, MM yang pertama perlu diperhatikan adalah Kebijakan UN diaman ada Hal-Hal yang Baru dalam POS UN 2020 Jadwal UN 2020 diantaranya pelaksanaan maju 10 hari dibanding tahun 2019. UN SMK dimulai tgl 16-19 Maret,kedua UN Perbaikan (Ulangan) yg semula hanya untuk siswa diperluas untuk SMA/MA, SMK/MAK, dan Paket C/Ulya diperluas untuk siswa SMP/MTs, Ketiga Jadwal UNBK Paket B dan C di luar negeri dibuat fleksibel dengan rentang waktu (1/4-10/5), tidak ditetapkan tanggal khusus (fixed date) dan yang terakhir Jumlah mata pelajaran UN pendidikan kesetaraan program paket C, dari 7 mapel menjadi 4 mapel. Untuk Paket B, tetap 6 mapel. Selain itu untuk moda pelaksanaan UN ada dua yaitu UNBK (Moda Utama) dan UNKP (Pengecualian untuk daerah dan satuan pendidikan tertentu).Untuk lebih lengkapnya sudah di jelaskan dalam peraturan BSNP No. 0053/P/BSNP/I/2020 tentang POS Ujian Nasional 2020 serta pelaksanaan tidak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dari data dilapangan sampai saat ini peserta Ujian Nasional TP 2019/2020 sebagai berikut:
SMP/MTS : 11.204 Orang, dengan rincian UNKP : 4.493 Orang dan UNBK : 6.711 Orang sedangkan untuk Sekolah Pelaksana UN : 89 Satuan Pendidikan dengan rincian UNKP : 34 Satuan Pendidikan dan UNBK : 55 Satuan Pendidikaan, dan untuk tingkat Kesetaraan : 583 Orang / 14 Satuan Pendidikan dengan rincian Paket C : 484 Orang / 10 Satuan Pendidikan dan Paket B : 99 Orang / 4 Satuan Pendidikan.

Kegiatan yang diselenggarakan selama satu hari ini bertempat di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja dan dihadiri oleh Kabid-kasi Lingkup Disdikpora Buleleng, Ketua MKKS SMK, Ketua MKKS SMA dan Ketua MKKS SMP kabupaten Buleleng.