(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KEKUATAN LITERASI SEBAGAI DASAR MEMBANGUNAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS

Admin disdikpora | 22 Juni 2018 | 513 kali

KEKUATAN LITERASI SEBAGAI DASAR MEMBANGUNAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS

Singaraja, Kamis, 21 Juni 2018 l DISDIKTODAY

Dalam rangka membangun profesi guru sebagai profesi yang bermartabat yakni untuk mencapai visi pendidikan nasional melalui proses pembelajaran yang berkualitas maka perlu dilaksanakan Penilaian Kinerja Guru (PKG) secara berkelanjutan dan teratur.

Mengacu pada visi tersebut, maka Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menyelenggarakan workshop kepala sekolah dan guru jenjang TK tentang Penilaian Kinerja Guru (PKG), Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Angka Kredit (AK) Kabupaten Buleleng tahun 2018.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kasi GTK PAUD & PNF, Ketut Suci Maryanti, SE kegiatan ini bertujuan pertama adalah memahami kebijakan pemerintah tentang jabatan fungsional guru, kedua mampu melaksanakan penilaian angka kredit jabatan fusional guru, yang ketiga mengindentifikasi permasalahan dan solusi dalam penilaian angka kredit jabatan fungsional guru dan yang terakhir menyamakan pemahaman peserta tentang kebijakan substantif dan teknik penilaian angka kredit jabatan fungsional guru.

Kegiatan workshop ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. Dalam sambutan dan arahan Kadisdikpora Buleleng mengungkap bahwa, jika kekuatan literasi yang dimiliki guru rendah jangan harap guru bisa mentranformasikan ilmu pengetahuan dengan baik dan benar kepada siswa. Begitu pula sebaliknya, jika guru dibekali dengan kekuatan literasi tinggi maka penyampaian informasi akan mudah diterima dan dipahami oleh siswa itu sendiri.

Selain itu, cara berpikir guru juga seharusnya sudah bisa berubah menjadi lebih baik lagi baik dengan membiasakan diri membaca setiap harinya. Ini adalah merupakan salah satu langkah peningkatan guru untuk memiliki kekuatan literasi baik secara literasi digital dan literasi media. Perkembangan teknologi dijaman milenial ini mau tidak mau guru harus mempunyai ilmu agar mampu memilah informasi, mana yang memang bermanfaat dan yang bersifat “hoax”.

Secara umum Kadiskdikpora Buleleng menyampaikan agar kepala sekolah dan guru TK mampu mengikuti kegiatan workshop ini dengan baik agar mendapatkan manfaat, dan tentunya mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat kepada siswa sehingga kualitas Pendidikan di Kabupaten Buleleng semakin meningkat.

Kegiatan workshop kali ini diikuti peserta sebanyak 60 orang terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru TK baik negeri maupun swasta PNS se-kabupaten Buleleng bertempat di SMP N 2 Singaraja yang dilaksanakan dari tanggal 21 s.d. 24 Juni 2018 dengan menghadirkan narasumber dari pengawas sebagai tim penilaian angka kredit jabatan fungsional guru.