(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KEPALA BPK - RI PERWAKILAN PROVINSI BALI SOSIALISASIKAN PEMANFAATAN DANA BOS TINGKAT SD DAN SMP

Admin disdikpora | 16 November 2018 | 513 kali

KEPALA BPK - RI PERWAKILAN PROVINSI BALI SOSIALISASIKAN PEMANFAATAN DANA BOS TINGKAT SD DAN SMP

Singaraja, 16 Nopember 2018 l DISDIKTODAY

Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Sosialisasi Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada satuan pendidikan SD dan SMP se-Kabupaten Buleleng tahun 2018.

Dengan mengambil tempat di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja kegiatan sosialisasi dibuka secara resmi oleh Asisiten Bidang Administrasi Umum Setda Kab. Buleleng,Drs. I Ketut Asta Semadi, MM.mewakili Bupati Buleleng didampingi Inspektur Kabupaten Buleleng, I Putu Yasa, SH, MM dan Kepala Disdikpoea Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd.

Dalam laporan kegiatan Kadisdikpora Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman regulasi manajemen BOS di sekolah agar meminimalisir terjadinya penyimpangan-penyimpangan terkait dengan pemanfaatan dana BOS. Dengang adanya pemberian dana BOS ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan mendasar operasional sekolah sehingga sekolah bisa memenuhi standar pelayanan minimal kepada publik dalam hak-hak dasar bidang pendidikan.

Selanjutnya untuk materi sosialisasi Pemanfaatan BOS disampaikan langsung Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Bali, DR. Drs. Sri Haryoso Suliyanto, M.Si. Dalam paparannya, Kepala BPK yang baru bertugas di Bali awal Oktober 2018 mengungkapkan bahwa jumlah peserta didik di satuan pendidikan merupakan kata kunci sebagai dasar pendataan BOS.Sedangkan dalam mekanisme pengelolaaan dana BOS ditentukan oleh managemen sekolah baik dalam melakukan perencanan, pelaksanaan, penata usahaan, pertanggung jawaban sampai pelaporan. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan real operasional sekolah secara maksimal. Adapun inti dari sosialisasi ini adalah tentang pemahaman menganalisa dokumen, memvinta keterangan dan yang terakhir melihat fisik apakah sudah sesuai dengan data yang diberikan.

Sedangkan untuk peserta sosialisasi kali ini dihadiri oleh 1264 peserta dari 632 satuan pendidikan SD - SMP negeri/swasta di Buleleng yang terdiri dari kepala sekolah dan bendahara sekolah baik negeri maupun swasta dari 632 satuan pendidikan. Selanjutnya, Kepala Disdikpora menyampaikan harapan semoga dengan adanya sosialisasi ini nantinya bisa memberikan motivasi dan meningkatkan kinerja secara intens dalam memahami regulasi yang ada dalam pemanfaatan dana BOS di satuan pendidikan masing-masing.