(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KOMITE SEKOLAH DIHARAPKAN MAMPU MEMBERIKAN PERAN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN

Admin disdikpora | 17 Desember 2018 | 455 kali

KOMITE SEKOLAH DIHARAPKAN MAMPU MEMBERIKAN PERAN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN

Singaraja, 14 Nopember 2018| DISDIKTODAY

Di penghujung tahun 2018, Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menyelenggarakan Kegiatan Rapat Koordinasi Penguatan Komite Sekolah dengan tema “Revitalisasi Komite Sekolah SD/MI dan SMP/MTs Se-Kabupaten Buleleng.

Kegiatan yang ditujukan kepada seluruh Ketua Komite sekolah dimaksudkan agar para peserta paham dan mengerti terhadap peran, fungsi, tugas dan tanggung jawab sebagai bagian dari satuan pendidikan.
Seperti yang disampaiakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd saat membuka acara secara resmi, Jumat 14 Desember 2018 di Bali Taman, Lovina menggungkapkan, rakor ini bertujuan untuk memperkuat posisi komite sekolah di dalam kemitraan untuk membangun sekolah baik dari sisi penyusunan RKAS, penetapan,pelaksanaan dan controlling.

Maka dari pada itu dalam rapat koordinasi ini nantinya akan ada pemahaman yang sama tentang regulasi yang berlaku guna lebih memperkuat komite sekolah sehingga proses pembelajaran akan semakin efektif.

Selain itu Kadisdikpora juga menekankan agar komite sekolah lebih jeli menyangkut apa itu sumbangan, bantuan dan pungutan. Dijelaskan lagi sekolah tidak diperkenankan memungut biaya kepada siswa, itu artinya sekolah hanya diijinkan menerima sumbangan ataupun bantuan baik berupa barang/jasa.

Selanjutnya rapat koordinasi ini dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, Drs. I Gusti Ngurah Agung beserta anggota.

Sebelum menuju sesi diskusi, ada beberapa pemaparan materi tentang peran komite sekolah dalam pengembangan Pendidikan di tingkat SD dan SMP. Saat pemaparan dijelaskan bahwa tujuan dibentuknya komite sekolah salah satunya adalah mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional serta program Pendidikan di satuan Pendidikan.Selain itu agar terciptanya rasa tanggung jawab, terciptanya kondisi transparan dan akuntabel serta demokratis dalam penyelenggaraan pelayanan Pendidikan yang bermutu.

Pada saat sesi diskusi ada beberapa pertanyaan baik menegai usulan saran serta pengalaman pribadi terhadap kondisi yang dihadapi dilapangan. Salah satu usulan dari peserta adalah dimohonkan agar kedepan perlu diadakan workshop ataupun pelatihan bagi para komite sekolah agar lebih paham dan mengerti terhadap tugas, dikarenakan latar belakang profesi seseorang sebelum menjadi komite sekolah itu berbeda-beda. Menanggapi usulan tersebut Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng dan Disdikpora Kabupaten Buleleng kedepannya akan mengagendakan kegiatan khusus untuk memberikan pembinaan serta pelatihan lebih intens kepada komite sekolah.

Dalam acara rapat ini juga diisi dengan pemberian materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba oleh perwakilan BNN Kabupaten Buleleng.