(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KOORDINASI PENYUSUNAN SOAL USBN SMP TP 2018/2019

Admin disdikpora | 06 Februari 2019 | 549 kali

KOORDINASI PENYUSUNAN SOAL USBN SMP TP 2018/2019

Singaraja,Rabu 6 Pebruari 2019 | DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng melalui Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Soal USBN SMP TP 2018/2019.Dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kabid PSMP, I Nyoman Sutama, S.Pd, M.Pd menjelaskan bahwa di dalam penyusunan ini melibatkan 13 mapel perwakilan dari MGMP sebanyak 2 orang yang nantinya akan didampingi oleh tim pengawas.Tanggung jawab penuh tim pembuat soal membuat fakta integritas untuk menjaga keaslian soal serta menjaga dan mengawasi dalam pencetakan soal agar tidak ada kebocoran soal.

Selanjutnya kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Disdikpora Buleleng, Made Astika, S.Pd, MM.Dalam arahanya ada beberapa point yang perlu diperhatikan serta dilaksanakan. Yang pertama secara teknis masing-masing ketua MGMP agar selalu berkoordinasi tentang apa yang harus dilakukan dan dimana, agar nantinya diagendakan oleh kasubag perencanaan Disdikpora Buleleng.Kedua untuk penyususnan soal pencetakan akan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan bersangkutan. Ketiga untuk memaksimal kan pelaksanaan USBN, semua soal yang dikerjaan harus sudah selesai pada tanggal 28 Pebruari 2019 sembari menunggu soal tambahan 20-25%.

Kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Soal USBN SMP TP 2018/2019 merupakan tindak lanjut dari Hasil out put worshop analisis tes yang sudah dilaksanakan beberapa hari yang lalu. Hal tersebut sesuai dengan Permendikbud No. 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah, khususnya dalam pasal 11 ayat 1, diamanatkan bahwa naskah (USBN) sejumlah 75% s.d. 80% disiapkan oleh guru di Satuan Pendidikan di bawah konsolidasi MGMP Mata Pelajaran Pelajaran serta dengan selalu berkoordinasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi. Kegiatan ini diikuti oleh MKKS Kabupaten Buleleng, MKPS se-Kabupaten Buleleng, Korwas Kabupaten Buleleng, MKKS kabupaten Buleleng dengan mengambil tempat di Aula SMP N 2 Singaraja selama satu hari.