(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KOORDINASI PERSIAPAN UJIAN SEKOLAH/MADRASAH

Admin disdikpora | 10 April 2017 | 512 kali

KOORDINASI PERSIAPAN UJIAN SEKOLAH/MADRASAH

Denpasar, DISDIK TODAY | Disdikpora Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kasubag Perencanaan, Kasi Kurikulum SD, Kasi Kurikulum PAUD-PNF dan Operator Dapodik menghadiri Koordinasi Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah pada SD/MI, SDLB, dan Paket A/ULA Tahun Pelajaran 2016/2017. Pertemuan yang digelar di ruang rapat Dinas Provinsi Bali pada Kamis 30 Maret 2017 dipimpin langsung Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Wayan Serinah didampingi Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi UPT BPTP dan TP Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Anak Agung Gede Rai Sujaya.

Pertemuan yang juga dihadiri perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Bali membahas persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah sesuai Peraturan Kepala Balitbang Kemdikbud Nomor : 007/H/EP/2017 tanggal 6 Pebruari 2017 tentang POS Ujian Sekolah/Madrasah pada SD/MI, SDLB, dan Paket A/ULA Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam arahannya Sekdisdik Provinsi Bali juga menyampaikan bahwa perakitan soal ankor dan soal lokal dengan komposisi 25% : 75% perakitannya dilaksanakan oleh KKG di Kabuaten/Kota. Selanjutnya, penggandaan soal dimaksud disesuaikan dengan kondisi dan kesiapan anggaran kabupaten/kota atau dana BOS yang dikelola sekolah. Disdik Provinsi sangat berharap agar kabupaten/kota segera melaksanakan penyusunan dan perakitan soal termasuk penggandaannya. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya keterlambatan dalam penyediaan soal/bahan ujian sekolah yang akan diselenggarakan pada bulan Mei mendatang.

Sedangkan, untuk program kesetaraan Paket A terdapat perbedaan dari jumlah mata ujian dengan SD/Madrasah. Dimana pada tahun 2017 ini terdapat 5 mata ujian yang harus diikuti, yaitu : Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKn. Sementara untuk SD hanya tiga, yaitu : Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Pertemuan diakhiri dengan penyampaian progres persiapan ujian sekolah oleh perwakilan kabupaten/kota.