(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA (LDKS) SMP SE KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 31 Oktober 2018 | 1121 kali

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA (LDKS) SMP SE KABUPATEN BULELENG

Sukasada, 29 Oktober 2018
Bertempat di SMP Negeri 4 Sukasada kegiatan LDKS tingkat Kabupaten ini untuk pertama kali dilaksanakan yang ditandai oleh penancapan Kapak Kegiatan oleh Kadisdikpora Kabupaten Buleleng mewakili Bupati Buleleng.

Upacara pembukaan LDKS berlangsung semarak dengan menampilkan atraksi bela diri Wu Shu dari siswa siswi SMPN 4 Sukasada, Tari Panyembrama dari para Guru dan Pegawai, serta penampilan sekeha Gong Wanita SMPN 1 Busungbiu. Selain itu sekeha gong SMPN 4 Sukasada dan Bleganjur SMPN 2 Singaraja juga memeriahkan ajang latihan kader pemimpin masa depan ini.

Rangkaian LDKS juga disertakan penyerahan Bendera Go Green School kepada 22 SMP, yaitu bendera yang menandakan sekolah dimaksud telah menerapkan Go Green di Lingkungan sekolahnya, sesuai hasil penilaian Tim GGS.

Aneka suguhan dan pagelaran kolaboratif ini mendapat apresiasi positif dari para undangan yang terdiri dari Muspika Sukasada, Kabid PSMP beserta Kasi, Koordinator Pengawas, Ketua MKPS, Anggota MKKS SMP, peserta LDKS , para Wakasis SMP serta masyarakat Desa Panji Anom.

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat penting dan mampu meningkatkan kualitas SDM generasi muda khususnya dalam pendidikan karakter kepemimpinan. Kegiatan ini di dalamnya diberikan pembekalan tentang wawasan nasionalisme, kepemimpinan, keterampilan serta sikap bertanggung jawab dan mampu bersaing secara sehat dalam menghadapi tantangan global.

Terlebih lagi dengan maraknya masalah-masalah remaja seperti Narkoba, pergaulan bebas, tawuran pelajar serta vandalisme, sehingga diharapkan melalui kegiatan ini bisa meminimalisir masalah-masalah masyarakat tersebut.

Kegiatan LDKS ini berlangsung dari tanggal 29 sampai dengan 31 Oktober 2018 yang diikuti oleh 138 peserta dari 69 SMP dan MTs se-Kabupaten Buleleng. Rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan tiap tahun secara bergiliran di tiap kecamatan, seperti yang dilaporkan oleh Kabid PSMP, I Made Sedana, S.Pd.,M.Pd. selaku Ketua Panitia.

Agenda LDKS pada hari pertama yaitu pemberian materi Kepemimpinan, serta Testimoni dari pengidap HIV Aids dan Narkoba dari Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD), kemudian pada hari ke 2 dilanjutkan dengan Literasi serta Simulasi Bencana dari BPBD, Simulasi P3K dari PMI, Tata Tertib berLalu Lintas dari Kapolres Buleleng, Latihan Baris Berbaris dari Koramil Sukasada, Penyusunan Program Osis dan Api Unggun, Hari ke -3 diisi dengan Dinamika Kelompok, Pembentukan Ikatan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan (IWAKASIS) SMP, yang nantinya diakhiri dengan Upacara Penutupan.