(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

LDKS SISWA TINGKAT SMP WADAH KREATIVITAS DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Admin disdikpora | 30 Oktober 2019 | 827 kali

LDKS SISWA TINGKAT SMP WADAH KREATIVITAS DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Desa Bestala, Senin 28 Oktober 2019|DISDIKTODAY

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa atau yang sering disingkat dengan LDKS kembali digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng. Kegiatan LDKS tingkat SMP yang kedua kalinya ini dilaksanakan di SMP N 3 Seririt, Desa Bestala dan di buka secara resmi oleh Sekretaris Dinas, Made Astika, S.Pd, M.M.Dalam pembacaan sambutan Kadisdikpora Buleleng dapat di jelaskan bahwa sesuai dengan tema LDKS “Bersatu Kita Maju” yang bertepatan juga dengan hari Sumpah Pemuda ke -91 tahun 2019 diharapkan nantinya akan memberikan semangat kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.Jiwa Kepemudaan yang dibina sejak usia sekolah ini tentu akan mendorong dan meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku, kepribadian, Budi pekerti, sopan santun dan disiplin.Selain itu, peserta juga diharapkan bisa mengimplementasikan nilai-nilai nasionalisme dalam memimpin suatu organisasi.Bukan hanya itu saja kegiatan ini sebagi wadah untuk menampung Kreativitas dan aktivitas siswa dalam mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakater.

Selanjutnya dari laporan Kabid Pembinaan SMP, I Nyoman Sutama, S.Pd, M.Pd sekaligus sebagai ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sebuah bentuk peningkatan mutu pendidikan. Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan dan sasaran diantaranya, meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan bagi siswa, meningkatkan kemampuan berorganisasi dan mampu menjadi pemimpin yang bertanggung jawab,meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam melaksanakan tugas dan lain sebagainya. Sedangkan untuk peserta yang ikut adalah 132 siswa dari 66 SMP Negeri dan Swasta se- Kabupaten Buleleng terdiri dari 2 orang anggota OSIS Putra dan Putri dari masing- masing sekolah.

Dari Informasi panitia ada delapan materi yang akan disisi dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa diantaranya, Peran Penting Organisasi untuk perkembangan sosial remaja yang diisi oleh Forum Anak Daerah Kabupaten Buleleng, Remaja tertib Berlalu lintas dari Satlantas Polres Buleleng, Dasar-dasar kepemimpinan dar Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Buleleng, Edukasi dan Simulasi Kebencanaan dari BPBD Kabupaten Buelelng, Evakuasi dan Pertolongan Pertama dari PMI Kabupaten Buleleng, Pelatihan Kewirausahan dari PT. Nutrifood Indonesia, Rancangan Program OSIS dari Panitia dan yang terakhir adalah Pelatihan baris berbaris dari Babinsa Koramil 1609-03/Seririt.

Selanjutnya untuk acara pembukaan ini turut mengundang camat seririt, Danramil 1609-03/Seririt, Kapolsek Seririt, Kepala Desa , Kepala SMP Negeri dan Swasta Sse- Kabupaten Buleleng serta Kasi Peserta Didik SMP dan Staf.Sementara untuk Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari dimulai dari 28 sampai dengan 30 Oktober 2019.