(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional tahun 2014

Admin disdikpora | 03 Desember 2014 | 1850 kali

SMP Negeri 4 Singaraja kembali kedatangan tim penilai lomba. Setelah sekian banyak memenangkan lomba tingkat Provinsi Bali, kali ini SMP Negeri 4 Singaraja dipercaya untuk mewakili Provinsi Bali dalam lomba Adiwiyata tingkat Nasional. Prestasi yang tentunya cukup membanggakan ini tidak disia-siakan oleh pihak sekolah dan siswa. Dengan mempersiapkan diri jauh-jauh hari, pihak sekolah telah siap menyambut tim penilai yang hadir

 

Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra yang juga hadir di acara tersebut berharap, dengan prestasi yang dimiliki oleh SMP Negeri 4 Singaraja dapat menjadi pemicu semangat untuk sekolah lain di Kabupaten Buleleng. “Menjadi satu-satunya sekolah di Kabupaten Buleleng yang di Nominasikan menjadi calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional tentunya akan memicu semangat sekolah lain yang ada di Kabupaten Buleleng untuk mengikuti prestasi yang dimiliki SMP Negeri 4 Singaraja” harap Wabup Sutjidra. Untuk membentuk Sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, Wabup Sutjidra menambahkan, Pemerintah Kabupaten Buleleng (Pemkab) tentu akan mendukung dengan memberikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mensukseskan program tersebut. “Kami siap memberikan sarana dan prasarana pendukung untuk mensukseskan program ini. Bukan hanya di SMP Negeri 4 saja tapi juga sekolah lain di Kabupaten Buleleng, agar mereka bisa lebih peduli akan lingkungan sekitar” imbuhnya.

 

Tim perfikasi sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2014 Nyoman Sumantra menegaskan, tujuan dari adanya lomba Sekolah Adiwiyata ini untuk menciptakan pemikiran kepada warga sekolah untuk menjadikan Sekolah yang berwawasan dan berbudaya lingkungan. Nyoman Sumantra menambahkan, ada empat kriteria dalam penilaian yaitu kebijakan sekolah Peduli Lingkungan dan Berbudaya Lingkungan, Kurikulum Berbasis Lingkungan, Kegiatan Berbasis Partisipatif serta Sarana dan Prasarana Pendukung Ramah Lingkungan. “empat kriteria yang dinilai menjadi dasar untuk melihat bagaimana warga sekolah benar - benar memiliki pemikiran untuk menjaga lingkungan sekolah tersebut” tegasnya. Ketika disinggung tentang peluang dari SMP Negeri 4 Singaraja, Nyoman Sumantra mengatakan akan mempelajari lebih lanjut dokumen-dokumen yang diberikan oleh pihak sekolah. “Kita akan lihat dulu lingkungan sekolah dan mempelajari dokumen yang diberikan oleh pihak sekolah, tapi mendengar pemaparan dari Kepala Sekolah, ada beberapa aspek yang sudah masuk kategori penilaian, tapi tentunya kami akan mempelajari dan melihat langsung di lokasi” ujarnya.

 

Kepala SMP Negeri 4 Singaraja Dra. Ni Putu Karnadhi, M.Si menaruh harapan besar bisa memenangkan Lomba ini. Dengan mengantongi prestasi dalam berbagai ajang lomba sekolah yang mampu dimenangkan oleh SMP Negeri 4 Singaraja dan dukungan dari berbagai pihak, Putu Karnadhi yakin SMP Negeri 4 bisa menjadi yang terbaik. “Dengan dukungan dari berbagai pihak, kami berharap bisa memenangkan lomba ini karena ini bisa memberikan dampak positif bagi siswa untuk membentuk prilaku ramah lingkungan” harapnya. Putu Karnadhi menambahkan partisipasi dari masyarakat sekitar dan orangtua murid sangat mendukung berjalannya program ini. “dukungan dari masyarakat dan orangtua murid menuai hasil yang sangat membanggakan, menang dalam berbagai ajang perlombaan tidak lepas dari dukungan mereka” tegasnya.