(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

MELALUI EVALUASI AKHIR, PESERTA DIHARAPKAN MELEK AKSARA DAN LEBIH PRODUKTIF

Admin disdikpora | 04 November 2019 | 297 kali

MELALUI EVALUASI AKHIR, PESERTA DIHARAPKAN MELEK AKSARA DAN LEBIH PRODUKTIF

Buleleng, Sabtu 2 Nopember 2019 lDISDIKTODAY

Sebanyak 350 orang peserta keaksaraan dasar se-Kabupaten Buleleng mengikuti evaluasi akhir pada hari Sabtu, 2 November 2019. Kegiatan ini merupakan rangkaian akhir dari program keaksaraan dasar yang telah dimulai pada bulan Mei lalu. Mengambil tempat di Balai Banjar, Aula Kantor Perbekel dan rumah warga yang terdekat di wilayah masing-masing, pelaksanaan Evaluasi berlangsung baik dan lancar ditengah guyuran hujan yang cukup lebat.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD-PNF Disdikpora Kabupaten Buleleng, Dra. Ni Nengah Pujiani, M.AP didampingi Kasi Kurikulum Komang Sudarsana, S. Pd usai memantau jalannya evaluasi tersebut melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengukur daya serap warga belajar terhadap materi yang diberikan selama 6 bulan oleh tutor dan hasilnya akan digunakan sebagai dasar layak atau tidaknya mereka mendapatkan Surat Keterangan Melek Aksara Tingkat Dasar (Sukma I). Yang artinya peserta yang lulus berhak diterima pada kelas awal jenjang SD/Paket A.

Disampaikan pula bahwa selain proses akademik mereka juga telah diberikan pendidikan keterampilan yang tentunya disesuaikan dengan potensi daerah dan pangsa pasar saat ini. Seperti misalnya pengolahan mangga dan nangka sebagai campuran dodol, pembuatan meja taman, olahan rumput laut di wilayah gerokgak, olahan ikan laut di seputaran sangsit dan yang lainnya.

Ketika warga belajar sudah melek aksara dan juga memiliki keterampilan maka diharapkan dapat mendukung kehidupan mereka sehingga lebih produktif dan berdaya di masyarakat, pungkasnya.