(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

MELALUI PKHP, PESERTA DIDORONG LEBIH PRODUKTIF DALAM MENGGERAKKAN PEREKONOMIAN MENUJU KELUARGA SEJAHTERA

Admin disdikpora | 10 Oktober 2020 | 221 kali

MELALUI PKHP, PESERTA DIDORONG LEBIH PRODUKTIF DALAM MENGGERAKKAN PEREKONOMIAN MENUJU KELUARGA SEJAHTERA

 

Singaraja, Sabtu, 10 Oktober 2020 l DISDIKTODAY
Pembukaan peningkatan kualitas hidup perempuan (PKHP) dilaksanakan pada 3 Lembaga PKBM penerima bantuan pusat, dengan 4 kelompok belajar yakni; PKBM Sari Mertha Kec. Sawan, PKBM Widya Aksara, Kec. Banjar, dan PKBM Puspitha Jaya, Kec. Seririt, dengan sasaran masing-masing kelompok terdiri dari 25 org peserta dengan beban belajar selama 66 jam @1 jam : 60 mnt, estimasi 22 kali pertemuan @ 180 mnt/pertemuan.

Adapun jenis keterampilan yang dikembangkan antara lain;
1. PKBM Sari Mertha yaitu
bakso ikan tuna
2. PKBM Widya Aksara
a. Kelompok I pembuatan
set tas keben
b. Kelompok II membuat
cinderamata kipas
bambu
3. PKBM Puspitha Jaya adalah
kripik usus dan ceker ayam

Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M, didampingi Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Dra Ni Nengah Pujiani, M.A.P dalam sambutan yang disampaikan saat membuka kegiatan di PKBM Widya Aksara berharap bahwa program yang terselenggara atas kerjasama dengan pusat ini dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan perekonomian, berawal dari keluarga dan tentu secara simultan nantinya akan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat secara lebih luas di masa Pandemi maupun dalam menyongsong tatanan kehidupan baru.

Semua keterampilan yang telah disepakati agar diikuti dengan seksama oleh peserta baik teori maupun prakteknya, dan ketika program berakhir diharapkan peserta dapat memiliki pemahaman yg komrehensif dari pemilihan bahan, pembuatan produk, mengkemas, memasarkan, mengelola keuangan dan seterusnya. Kalau hal tersebut dapat terlaksana, maka dapat diterjemahkan bahwa program tersebut tidak terhenti hanya pada tataran output saja namun sudah sampai pada tataran outcome.

Selanjutnya tentu peserta kegiatan yang merupakan perempuan produktif ini akan menjadi lebih berdaya dan akan dapat berkontribusi lebih optimal dalam menunjang perekonomian menuju keluarga yang sejahtera, pungkasnya.

Sementara itu di dua lokasi lainnya, Kadisdikpora diwakili oleh Kasi Peserta didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, SP, M.Pd didampingi Korwil Disdikpora, Kec. Seririt membuka kegiatan di PKBM Puspitha jaya, Seririt, sedangkan prosesi pembukaan kegiatan di PKBM Sari Mertha, Sawan diwakili oleh Kasi Kurikulum PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd, bersama Korwil Disdikpora Kec. Sawan. Hadir pula Kepala Desa dan Penilik di masing-masing wilayah lokasi kegiatan.