(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

MELALUI PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS HIDUP PEREMPUAN (PKHP), KADISDIKPORA BULELENG BERHARAP BISA TINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA SUMBERKIMA

Admin disdikpora | 04 Oktober 2020 | 176 kali

MELALUI PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS HIDUP PEREMPUAN (PKHP),
KADISDIKPORA BULELENG BERHARAP BISA TINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA SUMBERKIMA

Sumberkima, Minggu 4 Oktober 2020 l DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng. Made Astika, S.Pd. MM hari ini berkesempatan membuka secara resmi Program Peningkatan Kwalitas Hidup Perempuan, bertempat di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Lestari Desa Sumberkima Kecamatan Gerokgak Pada Pukul 09.00 Wita.

Dalam kegiatan ini dihadiri juga Korwil Kec.Gerokgak, Penilik Kec.Gerokgak, Kepala Desa Sumberkima, Tutor dan Peserta PKHP sebanyak 24 Orang.

Laporan Kegiatan Program Peningkatan Kwalitas Hidup Perempuan (PKHP) disampaikan Oleh Ketua PKBM Lestari Desa Sumberkima.

Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Desa Sumberkima dalam penyampainnya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang telah memberikan bantuan Program Peningkatan Kwalitas Hidup Perempuan yang diselenggarakan oleh PKBM Lestari. dan berharap masyarakat sumberkima mampu meningkatkan penghasilan.

Sambutan kedua disampaikan oleh Kadisdikpora Buleleng dan sekaligus membuka Kegiatan Program Peningkatan Kwalitas Hidup Perempuan (PKHP).

Dalam penyampain sambutan. Kadisdikpora Buleleng menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu Program yang terus dikembangkan oleh Direktorat Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Program Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKHP) yang ditujukan bagi masyarakat utuk mengurangi dampak resiko sosial kelompok perempuan.

Selanjutnya seperti yang disampaikan Kadisdikpora Buleleng menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Sumberkima beserta masyarakat setempat karena antusias hadir guna mengikuti kegiatan PKHP dengan memberikan ketrampilan Pengolahan Rumput Laut menjadi aneka olahan seperti Dodol Rumput Laut, dan Manisan Rumput Laut.

Yang terpenting Masyarakat/Peserta PKHP bisa menciptakan sebuah produk yang unggul dan memiliki daya saing dipasaran. Selain itu Out Put yang diharapkan bukan semata-mata hanya bisa membuat produk, namun mampu berkelanjutan dan memberikan timbal balik terhadap peningkatan ekonomi Rumah Tangga sehingga memberikan penghasilan bagi masyarakat Desa Sumberkima.
lebih lanjut setelah Program ini berjalan kami dari Disdikpora Buleleng merencanakan Kegiatan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 26 Nopember 2020. dalam kegiatan tsb sekaligus pameran hasil prodak sebagai salah satu media promosi." ungkap Kadisdikpora Buleleng.

Perlu diketahui untuk Desa Sumberkima ada Satu Kelompok Usaha yang memperoleh bantuan modal usaha yang terdiri dari Modal Pembelian Bahan sebesar Satu Juta Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah, dan Modal Usaha Pembelian Alat sebesar Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah, guna memotivasi dan mendorong kegiatan ini. selain itu dari PKBM Lestari Desa Sumberkima juga telah menyiapkan penunjang pelatihan dan praktek serta mendatangkan Narasumber dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Buleleng untuk memenuhi teknis pengkemasan dan pemasaran prodak hasil kegiatan.

Setelah Kegiatan Program Peningkatan Kwalitas Hidup (PKHP) dibuka secara resmi oleh Kadisdikpora Buleleng, selanjutnya penyerahan ATK, Bahan dan Alat Praktek secara simbolis oleh Kadisdikpora Buleleng kepada peserta didik PKHP.