(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

MEREFORMASI PENGADAAN DAN MEMBENAHI EKOSISTEM PENGADAAN PADA SEKTOR PERENCANAAN MELALUI APLIKASI SIRUP

Admin disdikpora | 28 Februari 2018 | 332 kali

MEREFORMASI PENGADAAN DAN MEMBENAHI EKOSISTEM PENGADAAN PADA SEKTOR PERENCANAAN MELALUI APLIKASI SIRUP

Batam, 27 Pebruari 2018| DISDIK TODAY 
Mereformasi pengadaan dan membenahi ekosistem pengadaan pada sektor perencanaan melalui aplikasi SiRUP merupakan salah satu agenda dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/jasa Pemerintah (LKPP). Perencanaan pengadaan baik di tingkat Kementerian/Lembaga/Daerah/Institusi merupakan titik awal dari proses pengdaan Barang/Jasa. Demikian disampaikan Kepala LKPP, Dr. Ir. Agus Prabowo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Sub Direktorat Perencaanaan Pengadaan, Hermawan saat membuka Bimbingan Teknis Perencanaan Pengadaan Melalui Aplikasi SIRUP di Aston Batam Hotel dan Residance, Selasa (27/2).

Lebih lanjut disampaikan bahwa perencanaan pengadaan yang dikenal dengean Rencaana Umum Pengdaan sebagai bagian awal rangkaian proses pengadaan barang/jasa merupakan tugas dan kewenangan Pengguna Anggaran (PA). Proses ini diawali dari Identifikasi Kebutuhan yang dilakukan berdasarkan kebutuhan riil, dilanjutkan dengan Penyusunan dan Penetapan Rencana Penganggaran. Tahapan selanjutnya adalah penetapan kebijakan umum tentang pemaketan pekerjaan, penetapan kebijakan umum tentang tatacara pengadaan, penyusunan kerangka acuan kerja, penyusunan jadwal kegiatan pengadaan dan pengumuman rencana umum pengadaan.

Dari proses perencanaan pengadaan, Sistem Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) adalah sebuah sistem aplikasi yang memudahkan pengumuman dan proses pengadaan secara online yang dapat juga sebagai alat transparansi publik. Masyarakat luas dapat secara langsung mengetahui pengadaan yang akan dilakukan oleh pemerintah melalui satuan kerja atau SKPD. Sampai saat ini SiRUP telah dikembangkan versi 2.2 sementara SPSE sudah versi 4.2.

Kegiatan Bimtek yang berlangsung sehari diisi dengan paparan teknis dan teknis operasional SiRUP diikuti Admin PA/KPA K/L/D/I se Indonesia dalam beberapa gelombang. Sementara Disdikpora Kabupaten Buleleng yang diwakili Kasubag Perencanaan, Ida Bagus Gde Surya Bharata dan Admin PA, I Nyoman Budiman mengikuti bimtek gelombang kedua di Batam, Riau.