(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

MOHON TUNTUNAN DAN KELANCARAN PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL, PANITIA UN MEJAYA-JAYA

Admin disdikpora | 20 Maret 2018 | 352 kali

MOHON TUNTUNAN DAN KELANCARAN PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL, PANITIA UN MEJAYA-JAYA

Singaraja, 19 Maret 2018 l DISDIKTODAY

Ujian Nasional di Kabupaten Buleleng sebentar lagi akan dimulai. Segala persiapan baik sarana prasarana penunjang ujian maupun yang lainnya sudah dimatangkan. Koordinasi dan sosialisasi secara intens dilakukan antar stakeholder. Selain itu, dari sisi niskala dalam hal ini memohon perlindungan, kelancaran dan tuntunan dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa Tuhan Yang Maha Esa juga dilaksanakan.

Bertepatan dengan Rahinan Somaribek, Senin 19 Maret 2018 bertempat di Pura Agung Jagatnatha Buleleng, Singaraja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng beserta Panitia Ujian Nasional Kabupaten Buleleng melaksanakan upacara Mejaya-jaya dan persembahyangan bersama.

Upacara yang memang rutin dilaksanakan serangkaian UN ini dipuput Jro Mangku Gede dan dikuti seluruh Pantia UN Kabupaten Buleleng, Kepala SMP se Kabupaten Buleleng, Kepala SMA, SMK se Buleleng serta Pengawas Sekolah. Turut serta dalam upacara tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng, Drs. I Gusti Komang Sumberjana dan Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Bali di Kabupaten Buleleng, I Made Suarja, S.SKar.,M.Si.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa. M.Pd. selaku Penanggung Jawab UN Kabupaten didampingi Sekretaris Disdikpora, I Made Ngadeg, S.Pd.,M.Pd. selaku Ketua Pelaksana UN menjelaskan, pelaksanaan Ujian Nasional dan USBN tingkat SD, SMP/MTs, SMA, SMK dan Kesetaraan diharapkan berjalan dengan lancar, objektif, jujur dan berintegritas.Keberhasilan ujian nasional bukan semata mata dilihat dari keberhasilan akademiknya.

Menurut Kadisdikpora, pihaknya di Kabupaten Buleleng lebih meletakkan proses ujian nasional ini lebih pada integritas pelaksanaannya.
Dengan intergritas itu sendiri akan bisa mendorong pembentukan generasi muda yang berkarakter dan berkualitas dimasa yang akan datang.

Usai persembahyangan bersama, dilaksanakan penyerahan secara simbolis Soal USBN SMP yang diserahkan langsung MGMP kepada Kepala SMP disaksikan oleh Kadisdikpora, dilanjutkan Penyerahan Naskah USBN Agama dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng kepada Kadisdikpora diteruskan kepada MKKS SMP Kabupaten Buleleng, serta penandatanganan berita acara serah terima.

Semoga dengan dilaksanakannya Upacara Mejaya-jaya dan persembahyangan bersama kali ini segala proses UN dan USBN di Kabupaten Buleleng bisa berjalan sesuai harapan kita semua.