(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

MONEV PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C

Admin disdikpora | 21 Agustus 2018 | 928 kali

MONEV PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C

Singaraja, 19 Agustus 2018| DISDIK TODAY

Pendidikan Kesetaraan Paket C setara SMA saat ini sudah semakin dikenal oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari jumlah peserta didik masing-masing Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yaitu PKBM Puspita Jaya, Kecamatan Seririt sejumlah 30 orang, PKBM Amertha Yoga, Desa Gerokgak 55 orang dan PKBM Lestari, Desa Sumberkima 26 orang.

Kabid Pembinaan PAUD PNF Disdikpora Kabupaten Buleleng Dra. Ni Nengah Pujiani, M.AP bersama tim seusai melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan pembelajaran di ketiga PKBM tersebut, Minggu 19 Agustus 2018 menyatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk melihat langsung proses Pembelajaran dan tingkat kehadiran peserta didiknya. Hal ini berkaitan dengan pemberian dana BOP Kesetaraan yang akan mereka terima.

Lebih lanjut disampaikan bahwa sesuai arahan dari Kepala Disdikpora Kab. Buleleng semua tahapan baik persyaratan dan proses sebelum pemberian rekomendasi, permohonan dana bantuan mesti dilakukan dengan cermat sehingga tepat sasaran, pemanfaatan dana sesuai juknis dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dari pemantauan nampak peserta didik antusias mengikuti pembelajaran dengan didampingi dan dibina oleh tutor, yang tentunya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran orang dewasa karena sasaran kebanyakan bukanlah usia setara SMA. Ada yang sudah bekerja, ada yang baru menikah dan lain sebagainya.

Selain itu praktek komputer sebagai persiapan menyongsong UNBK juga terlaksana di PKBM Amertha Yoga. Sementara di PKBM Lestari juga sempat bertemu dengan Dosen Undiksha Prodi Sosiologi yang melakukan Penelitian. Hal ini semakin menguatkan bahwa semua lapisan telah mengetahui keberadaan dan kualitas Pendidikan Kesetaraan di Buleleng.

Sistem pembelajaran di Pendidikan Non Formal ini tetap mengacu pada Standar Nasional Pendidikan sehingga output yang dihasilkan tidak hanya setara jenjang namun juga setara ilmunya, terlebih saat ini pada kelas awal pendidikan kesetaraan sudah mulai menggunakan Kurikulum 2013.