(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

MOPDB Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016

Admin disdikpora | 31 Juli 2015 | 1430 kali

Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng menggelar Upacara Pembukaan Masa Orientasi Peserta (MOPDB) Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016 di lapangan upacara SMK Negeri 3 Singaraja, Senin, 27 Juli 2015. Kegiatan ini dibuka langung olehWakil Bupati Kabupaten Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra S.POG, mewakili Bupati Buleleng. Upacara berlangsung hikmad dan dihadiri oleh para Kabid Dinas Pendidikan Kab. Buleleng, Kepala UPP se- Kab. Buleleng, Korwas, Pengawas, Kepala SMP,SMA/SMK Negeri/Swasta, Perwakilan Komite SMP,SMA/SMK, Panitia Penyelenggara MOPDB, para tenaga pendidik dan kependidikan serta para peserta dan perwakilan peserta MOPDB dari SMP,SMA/SMK se Kab. Buleleng.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Wakil Bupati menyampaikan bahwa MOPDB seyogyanya dilaksanakan dengan mengedepankan prinsip 5 M: Mudah berarti MOPDB tidak menyulitkan peserta didik baru, Murah berarti MOPDB dengan biaya terjangkau, Meriah berarti MOPDB menyenangkan peserta didik baru, Massal berarti MOPDB melibatkan semua peserta didik baru, Mendidik berarti dilaksanakan sesuai dengan kaidah pendidikan. Bapak Bupati juga mengimbau agar para siswa menjauhi narkoba dan pergaulan bebas, mengimplementasikan wawasan wiyata mandala dan melestarikan lingkungan hidup.Lebih lanjut, beliau menekankan kepada panitia pelaksana MOPDB baik panitia dari unsur pendidik, tenaga kependidikan dan unsur peserta didik adalah bahwa pelaksanaan MOPDB harus bersifat edukatif tidak mengarah kepada tindakan kekerasan, tindakan destruktif dan/atau kegiatan lain yang merugikan peserta didik baru secara fisik maupun psikologis.Sehingga kedepan tidak meninggalkan citra negatif bahwa MOPDB adalah ajang perploncoan dan perjokian.

Sementara itu,Ketua Panitia Penyelenggara MOPDB KabupatenBuleleng, Dra. Wayan Lugrahini, dalam laporannya yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, I Made Ngadeg, S.Pd., M.Pd. menyatakan MOPDB tahun ini bertema ”Melalui Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2015/2016, kita bangun karakter peserta didik baru dengan peningkatan disiplin, ramah dan berwawasan lingkungan”. MOPDB kali ini akan berlangsung dari tanggal 27 Juli  s/d 1 Agustus 2015 di masing-masing sekolah yang diikuti oleh  siswa tingkat SMP sebanyak 11.879 orang, Siswa tingkat SMA sebanyak 4.796 orang dan siswa tingkat SMK sebanyak 4.503 orang.