(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

NAPAK TILAS PANJI SAKTI 2019 ”PENGENALAN SEJARAH BERDIRINYA KOTA SINGARAJA”

Admin disdikpora | 20 Maret 2019 | 481 kali

NAPAK TILAS PANJI SAKTI 2019 ”PENGENALAN SEJARAH BERDIRINYA KOTA SINGARAJA”

Singaraja, Selasa, 19 Maret 2019 I DISDIKTODAY

Sekitar Pkl.08.00 Wita Peserta Napak Tilas Panji Sakti tahun 2019 resmi dilepas oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Buleleng , I Putu Karuna, SH mewakili Bupati Buleleng. Dalam sambutan dan arahannya yang dibacakan Asisten I Setda menyampaikan apresiasi kepada Panitia dibawah koordinasi Disdikpora Kabupaten Buleleng karena selalu konsisten menggelar acara seperti ini.

Selain itu ucapan terima kasih juga disampaikan kepada peserta yang ikut berpasrtisipasi guna memeriahkan dan menyambut HUT ke-415 Kota Singaraja.Semoga dengan diadakannya kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat kepemudaan cinta terhadap Bangsa dan Negara Republik Indonesia pada umumnya dan Khususnya Kabupaten Buleleng.

Sementara itu laporan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si melaporkan bahwa kegiatan NTPS tahun ini diikuti oleh 53 peserta yang terdiri dari Pelajar, OKP, komunitas pecinta alam, mahasiswa dan beberpa OPD lingkup Pemkab Buleleng.

Ketika ditanya tentang tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk/wujud cinta tanah air dan bela Negara sekaligus mengenang perjuangan para pahlawan terdahulu.Sesuai dengan temanya Napak TIlas Panji Sakti, memang sejarah kota Singaraja tidak lepas dari perjuangan Ki Gusti Ngurah Panji Sakti yang merupakan Pendiri Kerajaan Buleleng pada tahun 1660an yang awalnya bertahta di Sukasada.Hal inilah yang melatar belakangi digelarnya kegiatan ini sekaligus memberikan pengetahuan, pelestarian dan pengembangan kepada peserta khususnya generasi muda selalu ingat akan sejarah kota Singaraja.

Selanjutnya, para peserta harus menempuh rute yang dimulai dari Jaba Pura Tirta Yeh Ketipat, Desa Wanagiri dan finish di Tugu Bhuana Kerta Desa Panji Sukasada.