(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PANGGUNG GEMBIRA PAUD, AJANG KREATIVITAS DAN PENGEMBANGAN PEMBENTUKAN KARAKTER DI USIA EMAS

Admin disdikpora | 18 Mei 2018 | 849 kali

PANGGUNG GEMBIRA PAUD, AJANG KREATIVITAS DAN PENGEMBANGAN PEMBENTUKAN KARAKTER DI USIA EMAS

Sangsit, 17 Mei 2018 l DISDIKTODAY
Kreatifitas dan inovasi Tenaga Pendidik PAUD dituntun agar mampu mengelola segala kegiatan yang bisa mengarahkan peserta didik merasa senang, gembira namun tetap dapat menyentuh aspek sikap, pengetahuan dan sosialnya. Panggung Gembira anak yang terlaksana saat ini merupakan ajang kreativitas seni anak-anak PAUD dimana mereka berkesempatan dapat menunjukkan hasil akhir dari proses yang mereka lalui selama ini. Dari proses inilah peserta didik diuji mental dan kreativitasnya sehingga mereka akan semakin matang untuk dapat menghadapi pendidikan yang lebih tinggi.

Terkait hal tersebut, Kamis 17 Mei 2018 bertempat di Lapangan Desa Sangsit, Kecamatan Sawan diselenggarakan acara Panggung Gembira PAUD. Dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh Ketua PKG Kecamatan Sawan, Made Tuti Seminar, S.Pd mengungkapkan melalui acara kenaikan kelas bersama dan Panggung Gembira ini diharapkan dapat menciptakan anak-anak yang cerdas, kreatif dan berprestasi sebagai generasi penerus bangsa. Selain itu, dapat memupuk rasa kebersamaan dan persaudaraan diantara PAUD Se-Kecamatan Sawan.

Sementara itu, ucapan rasa terima kasih dan apresiasi kepada panitia disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd saat membuka secara resmi kegiatan ini. Kadisdokpora Buleleng yang hadir didampingi Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Dra. Ni Nengah Pujiani, M.AP. dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan seperti ini merupakan langkah mempersiapkan generasi yang smart and comprehensive serta memiliki karakter dan menumbuhkembangkan bakat potensi yang dimiliki anak.

Poin penting tentang kegiatan ini adalah bagaimana cara menumbuhkembangkan pendidikan pada anak-anak di usia emas baik melakukan pembinaan secata mental, kreatifitas seni dan budaya yang tentunya akan berpengaruh kepada perkembangan anak kedepan. Selain itu, diharapkan agar orang tua ikut berperan aktif melalui Gerakan Nasional Baca Buku (GerNasBaKu) dimana gerakan ini sudah dimulai sejak tanggal 5 Mei 2018. Setelah membuka acara, Kadisdikpora Buleleng menyerahkan ijazah secara simbolis kepada dua Anak dari perwakilan PAUD sebagai tanda tamat PAUD.

Penampilan 20 lembaga PAUD di Kecamatan Sawan dengan berbagai atraksi seni modern dan tradisional yang lucu ini mampu menghibur penonton dan undangan lainnya, yang diantaranya Camat Sawan, Kepala UPP Kecamatan Sawan, Bunda PAUD Kecamatan Sawan, Koordinator Pengawas TK Kecamatan Sawan, Penilik PAUD Kecamatan Sawan, Ketua IGTKI Kecamatan Sawan.